Apakah Shalat Syuruq Termasuk Shalat Sunnah Yang Dicontohkan Nabi? Ini Penjelasnnya

0
1145
Sujud dalam shalat di masjid ( ilustrasi foto: pixabay )

PERCIKANIMAN.ID – – Pahala sholat sunnah Syuruq usai sholat Subuh sangatlah utama. Sebuah perkara utama yang bisa lakukan setiap hari dan bernilai pahala haji dan umrah adalah sholat sunnah Isyraq, atau Syuruk.

 

Keutamaan shalat Syuruk ini bagi yang mampu mengerjakan tiga hal tersebut di pagi hari, maka baginya pahala haji dan umrah yang sempurna! Hal ini dapat kita baca dari sabda Rasulullah Saw,

 

عَنْ أَنَسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ صَلَّى الغَدَاةَ فِي جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ

 

Dari Anas bin Malik RA dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang sholat Subuh berjamaah, kemudian dia duduk, dalam riwayat lain: dia menetap di masjid, untuk berdzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian dia sholat dua rakaat, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala haji dan umrah, sempurna sempurna sempurna.” (HR Tirmidzi).

 

Menurut ahli hadits atau ahli fikih bahwa untuk melaksanakan shalat Syuruk ini ada tiga syarat yang harus dipenuhi. Pertama, sholat Subuh berjamaah di masjid. Kedua, duduk atau berdiam diri di masjid berzikir (mengingat) Allah SWT sampai matahari terbit atau waktu syuruk. Ketiga, sholat Isyraq (Syuruk) dua rakaat.

 

Lalu sebenarnya shalay Syuruk ini dicontohkan dan dianjurkan oleh Nabi SAW atau tidak? Kapan waktu yang tepat melaksanakan shalat Syuruk? Apa bedanya shalat Syuruk dengan shalat Dhuha?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

837

 Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 087722319792 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .