Shalat Tahajud Sebaiknya Tidur Dulu Atau Tidak ? Begini Penjelasannya

0
1537

PERCIKANIMAN.ID – – Selain sholat wajib yang lima waktu, umat Islam juga dianjurkan menjaga amalan sunnah seperti sholat Tahajud . Ibadah sholat Tahajud memiliki manfaatnya tersendiri bila dikerjakan tekun setiap malam.

 

Salah satu manfaatnya adalah dapat menjaga kesehatan rohani juga jasmani. Banyak penelitian berdasarkan sain hikmah dari keuatamaan shalat Tahajud secara fisik maupun mental.

 

Terkait denga perintah untuk melaksanakan atau mengerjakan shalat Tahajud dalam Al Quran disebutkan ,

 

(79). وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

“Dan pada sebahagian malam hari salat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. ( QS. Al Isra: 79 )

 

Untuk jumlah rakaatnya adalah 8 rakaat ditambah 3 rakaat witir sehingga semua ada 11 rakaat. Sementara waktu mengerjakannya dilakykan setelah Isya’ sampai masuknya waktu Subuh.

 

Namun, waktu yang paling dianjurkan adalah sepertiga malam terakhir lepas tengah malam hingga masuknya waktu Subuh.

 

Lalu apakah dalam mengerjakan shalat Tahajud harus tidur dulu? Bolehkah dikerjakan langsung setelah Isya tanpa tidur dahulu? Bolehkah dikerjakan tidak 11 rakaat ?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

950

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .