Tips Mendidik Anak Tanpa Figur Ayah, Ini Yang Harus Dilakukan Ibu

0
1197
Ibu adalah madrasah bagi anak-anaknya ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Salah satu kewajiban orangtua khususnya ayah atau suami adalah mendidik anak-anaknya menjadi sholeh dan sholehah. Tanggung jawab pendidikan anak ini harus ditangani langsung oleh kedua orangtua khususnya bagi ayah.

 

Para pendidik yang mendidik anak di sekolah–sekolah, hanyalah partner bagi orang tua dalam proses pendidikan anak.

 

Orang tua yang berusaha keras mendidik anaknya dalam lingkungan ketaatan kepada Allah, maka pendidikan yang diberikannya tersebut merupakan pemberian yang berharga bagi sang anak, meski terkadang hal itu jarang disadari. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Al-Hakim, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

ما نحل والد ولده أفضل من أدب حسن

 

Tiada suatu pemberian yang lebih utama dari orang tua kepada anaknya selain pendidikan yang baik.” (HR. Al Hakim: 7679).

 

Mengenai tanggung jawab pendidikan anak terdapat perkataan yang berharga dari imam Abu al-Hamid al-Ghazali rahimahullah. Beliau berkata, “perlu diketahui bahwa metode untuk melatih/mendidik anak-anak termasuk urusan yang paling penting dan harus mendapat prioritas yang lebih dari urusan yang lainnya. Anak merupakan amanat di tangan kedua orang tuanya dan qalbunya yang masih bersih merupakan permata yang sangat berharga dan murni yang belum dibentuk dan diukir. Dia menerima apa pun yang diukirkan padanya dan menyerap apa pun yang ditanamkan padanya. Jika dia dibiasakan dan dididik untuk melakukan kebaikan, niscaya dia akan tumbuh menjadi baik dan menjadi orang yang bahagia di dunia dan akhirat.” (Ihya Ulum al-Din 3/72).

 

Lalu bagaimana jika menjadi orangtua tunggal (single parent) dalam mendidikan anak tanpa ada figur ayah ?. Dapatkah seorang ibu berperan ganda menjadi figur ayah?. Jika anak dididik tanpa figur ayah, apakah akan berpengaruh pada perkembangan psikisnya?

 

Untuk mendapat penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

936

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .