Kemenag Mulai Vaksinasi Covid-19 Untuk Calon Jamaah Haji 2021

0
88
Prinsip halal menjadi kebutuhan utama umat Islam termasuk vaksin (ilustrasi foto: istimewa)

PERCIKANIMAN.ID  – – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, vaksinasi Covid-19 untuk calon jamaah haji tahun 2021 sedang dilakukan. Hal ini dilakukan dilakukan sebagai langkah antisipasi pemerintah, sembari menunggu kabar resmi otoritas Arab Saudi.

 

“Berkenaan dengan rencana pemberangkatan jamaah haji di atas, sebagai bentuk persiapan pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji, saat ini sedang dilakukan vaksinasi terhadap jemaah calon haji di seluruh Indonesia,” ujar Yaqut dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, Kamis (8/4/2021).

iklan

 

Pemerintah, kata Yaqut, telah menargetkan vaksinasi Covid-19 terhadap 57.630 jemaah calon haji berusia lanjut yang rencananya diselesaikan hingga akhir Maret 2021. Sementara itu proses vaksinasi terhadap calon jamaah lain dan petugas haji masih dilakukan bertahap.

 

“Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan untuk memprioritaskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi jemaah calon haji dan petugas haji yang dilakukan secara khusus dan serentak,” ujar Yaqut.

 

Ketua Panitia Kerja (Panja) BPIH Komisi VIII DPR, Diah Pitaloka, meminta Kementerian Agama (Kemenag) lebih aktif dalam melakukan komunikasi terkait penyelenggaraan ibadah haji pada masa pandemi. Ada kemungkinan di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini, Pemerintah Arab Saudi akan menyelenggarakan ibadah haji secara terbatas.

 

Diah menilai, diplomasi Indonesia mengenai penyelenggaraan haji masih lemah. Sebagai pengirim jamaah haji dan umrah terbesar, seharusnya Indonesia bisa lebih memiliki keistimewaan untuk mendapatkan layanan terbaik dari Pemerintah Arab Saudi.

 

“Negara lain juga sama. Mereka masih dalam posisi menunggu. Tapi, mereka sudah bisa melakukan komunikasi lebih intens untuk mendapat gambaran seperti apa haji di masa pandemi ini diberlakukan Pemerintah Arab Saudi,” ujar Diah. [ ]

Sumber: ihram.co.id

5

Red: admin

Editor: iman

946