Kutuk Bom Depan Gereja Makassar, Waketum MUI: Jangan Kaitkan Dengan Agama Tertentu

0
590

PERCIKANIMAN.ID – –  Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengutuk keras insiden bom yang terjadi di depan Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Ahad (28/03/2021).

 

“MUI mengutuk dengan keras tindakan pelaku peledakan bom di Makassar pagi ini yang telah membuat ketakutan di tengah-tengah masyarakat dan telah menyebabkan jatuhnya korban jiwa,” kata Anwar Abbas melalui pesan singkatnya, Ahad (28/03/2021).

 

Anwar menyampaikan tindakan pemboman ini jelas-jelas tidak bisa ditolerir. Sebab, katanya, perbuatan yang dilakukan oleh pelaku bom sangat tidak manusiawi dan bertentangan dengan nilai-nilai dari ajaran agama manapun yang diakui di negeri ini.

 

“Untuk itu MUI meminta pihak aparat untuk mencari dan menangkap pelaku dan atau otak intelektual serta pihak-pihak yang ada di balik peristiwa ini serta membongkar motif dari tindakan yang tidak terpuji tersebut,” ujarnya.

 

Terakhir, kata Buya Anwar sapaan akrabnya, MUI meminta agar insiden peledakan bom di depan gereja di Makassar itu tidak dikaitkan dengan agama atau suku tertentu. Sebab menurutnya hal itu akan membuat keruh suasana.

 

“MUI juga meminta supaya masalah ini jangan dikait-kaitkan dengan agama dan atau suku tertentu di negeri ini karena hal demikian akan semakin membuat rumit dan keruhnya suasana,” pungkasnya.

 

Sebelumnya diberitakan, Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Merdisyam memebeberkan detik-detik terjadinya ledakkan di depan Gereja Katedral Makassar, Sulsel. Dia mengatakan sebelum terjadi ledakan, terdapat satu orang yang mengendarai sepeda motor. Orang tersebut sempat ditahan oleh petugas.

 

“Ada orang naik sepeda motor, mau masuk ke parkiran, tapi dilarang, enggak lama ada ledakkan,” ujar Merdisyam dalam wawancara di saluran TV, Ahad (28/03/2021).

 

Merdisyam memastikan ledakan terjadi bukan di dalam gereja. Tapi di jalan raya persis depan gereja Katedral Makassar. “Jadi bukan di dalam gereja, masih di jalanan. Tidak masuk ke dalam gereja,” ujarnya.

 

Ledakan terjadi di depan Gereja Katedral Makassar pada sekitar pukul 10.28 WITA di Jalan Kajaolalido Kota Makasar Sulsel. [ ]

Sumber: hidayatullah.com

5

Red: admin

Editor: iman

903