Agar Terhindar Takdir Buruk Berubah Baik, Coba Lakukan 4 Hal Ini

0
192
rezeki jualan
Berdagang adalah salah satu cara menjemput rezeki dari Allah ( ilustrasi foto: norman)

PERCIKANIMAN.ID – – Percaya kepada takdir merupakan salah satu rukun iman yang harus kita yakini. Takdir merupakan suatu ketetapan dari Allah Swt untuk semesta alam termasuk kepada umat manusia.

Sehingga tidak akan terjadi sesuatu apapun kecuali atas kuasa dan kehendak Allah Swt sebab Dia lah Rabb Yang Maha Kuasa atas segala makhluk-Nya.

Takdir baik (menyenangkan) maupun buruk (tidak dikendahi) harus diterima sebagai sebuah ujian dari Allah Swt. Bersykur jika kebaikan itu menaungi hidup kita, pun demikian kita juga harus bersabar jika takdir buruk menimpa hidup.

iklan

Akan tetapi ternyata ada beberapa amalan yang bila dilakukan maka dapat merubah takdir seseorang. Tentu disini adalah dari takdir yang buruk menjadi takdir yang baik.

Salah satunya dengan berdoa sebagaimana yang disebutkan oleh Rasulullah Saw bahwa doa merupakan faktor yang dapat mengubah takdir seseorang.

Selain doa ada beberapa amalan yang dapat mengubah atau menolak takdir buruk,yaitu:

  1. Doa

Doa adalah salah satu amalan yang dianjurkan dalam ajaran Islam. Doa juga merupakan senjata atau kekuatan orang yang beriman. Sebagaimana yang telah disebutkan bahwa doa merupakan salah satu amalan yang bisa merubah takdir.

Sehingga doa yang diucapkan dengan keyakinan sepenuh hati diharapkan dapat menembus ‘Arsy hingga Allah Ta’ala berkenan menakdirkan keterkabulan atas apa yang diminta oleh hamba-Nya. Hal ini sebagaimana telah disabdakan Rasulullah Saw:

“Tidak ada yang dapat menolak taqdir (ketentuan) Allah ta’aala selain do’a. Dan Tidak ada yang dapat menambah (memperpanjang) umur seseorang selain (perbuatan) baik.” (HR Tirmidzi )

  1. Amal Shaleh

Setiap saat dan setiap kesempatan kita senantiasa dituntut untuk mengerjakan kebaikan atau amal shaleh sekecil apapun itu. Amal shaleh atau kebaikan yang dilakukan dengan ikhlas dan hanya berharap ridho Allah Swt akan dapat mengubah sesuatu yang buruk yang telah ditentukan oleh Allah Swt kepada hamba-Nya. Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda:

Beramallah kamu sekalian, karena beramal (berbuat kebaikan/ibadah) akan mengubah sesuatu yang buruk yang telah ditentukan-Nya padamu” (HR. Bukhori dan Muslim).

Tiada yang dapat menambah umur seseorang, selain (amal) kebaikan.” (HR. Ahmad dan Thabrani)

  1. Sedekah

Bersedekah adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam,baik dikala lapang maupun saat sempit. Sedekah tidak selamanya harus ditunaikan dengan jumlah materi yang besar ,dengan istiqamah itu akan lebih baik apalagi dengan jumlah yang besar. Amalan yang juga bisa merubah takdir adalah dengan bersedekah. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw:

Sesungguhnya sedekah itu dapat memadamkan kemarahan Allah dan menolak ketentuan yang buruk.” (HR. Tirmidzi).

“Bersegeralah bersedekah, karena bala (kemalangan) tidak pernah mendahului sedekah.” (HR. Thabrani).

Sesungguhnya sedekah dan silaturahim itu dapat menambah umur dan menolak ketentuan buruk yang tidak disukai dan ingin dijauhi.” (Mutafaqualaih).

 

  1. Berusaha dengan sungguh-sungguh

Inilah amalan dianjurkan untuk bisa merubah takdir buruk kepada takdir baik, atau takdir baik kepada yang lebih baik lagi yakni berusaha dengan sungguh-sungguh. Allah Sw telah menakdirkan bahwa usaha seorang hamba merupakan amalan yang bisa merubah takdirnya,sebab Dia (Allah) yang menjadikan seorang hamba sesuai dengan apa yang telah diusahakannya.Sebagaimana firman Allah Swt:

Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS. Ar-Ra’du: 11)

Amalan ini merupakan sebuah bentuk usaha yang bisa dilakukan oleh seorang manusia dengan harapan Allah Swt berkenan merubah takdir yang buruk menjadi takdir yang lebih baik.

Oleh sebab itu setelah kita melakukan amalan-amalan tersebut, maka langkah terakhir yang harus dilakukan adalah dengan bertawakal,yaitu memasrahkan dengan sepenuh hati kepada-Nya setelah melakukan usaha yang maksimal dan sungguh-sungguh. Sebagaimana Allah Swt telah tegaska dalam Al-Qur’an,

Barangsiapa bertawakkal kepada Allah, maka Dia akan mencukupi semua kebutuhannya.” (QS. Ath-Thalaq: 3)

Semoga kita mendapatkan takdir baik dan terhindar dari takdir buruk.

5

Red: admin

Editor: iman

893