Waktu Terbaik dan Adab Shalat Malam, Ini Yang Harus Diperhatikan

0
375
Shalat malam atau qiyamul lail yang mempunyai keutamaan ( ilustrasi foto: freepik)

PERCIKANIMAN.ID – – Shalat tahajud mempunyai banyak keistimewaan meskipun hukumnya sunah. Sebab, Nabi Muhammad SAW diketahui tidak pernah meninggalkan amalan tersebut hingga akhira hayatnya. Demikian juga para sahabat dan generasi shaleh berikutnya.

 

Bahkan, Rasulullah SAW mengerjakannya hingga kedua telapak kaki beliau bengkak-bengkak. Untuk dapat melakukannya, kita dapat mengawali dengan niat bangun malam sebelum tidur.

 

Keutamaan shalat malam (qiyamul lail ) atau Tahajud ini ada dalam beberapa penjelasan Al Quran maupun hadits Rasulullah Saw.  Misalnya dalam surat Al Isra’ ayat 79:

 

(79). وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” ( QS.Al Isra’: 79)

 

Demikian dalam ayat-ayat yang lain dalam Al Quran. Dengan niat itu, insya Allah kita tetap mendapatkan pahala sekalipun lelap hingga kumandang azan subuh. Bila kesampaian bangun pada sebagian malam, ambil wudhu lalu shalat dua rakaat.

 

Lalu kapan waktu terbaik untuk shalat malam atau Tahajud ini? Bolehkan dikerjakan sebelum tidur? Bagaimana adab-adab shalat malam? Doa apa saja yang perlu dipanjatkan?

 

Untuk mendapat penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab.[ ]

 

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

907

buku shalat wudhu

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .