Fungsi Gunung Sebagai Pasak Bumi, Begini Penjelasan Al Quran dan Sain

0
178
Gunung sebagai baku bumi ( ilustrasi foto: pixabay )

PERCIKANIMAN.ID – – Melalui ilmu geologi dan penelitian para ahli, diketahui bahwa bumi memiliki ketebalan sekira 3.750 mil dari inti Bumi hingga permukaan umi. Dari ketebalan tersebut, bagian kerak Bumi hanya memiliki ketebalan sekira 1-30 mil.

 

Dalam buku ‘Alquran vs Sains Modern menurut Dr Zakir Naik’, seperti dilansir okezone.com menjelaskan bahwa kerak Bumi merupakan bagian lapisan terluar Bumi yang menyerupai kulit yang padat. Sedangkan bagian dalamnya berupa cairan yang panas.

 

Dengan struktur ini, maka kerak Bumi memiliki kemungkinan besar untuk bergerak yang dapat menimbulkan getaran atau bergoncang. Secara ilmiah, untuk mengurangi atau menghambat adanya pergerakan tersebut, maka terjadilah fenomena pelipatan kerak Bumi.

 

Ilmu pengetahuan modern kemudian menemukan bahwa jalur pegunungan yang terbentuk dari fenomena lipatan tersebut berperan penting untuk menjaga stabilitas kerak Bumi dari goncangan.

 

Penjelasan ini sesuai dengan gambaran yang disampaikan Dr. Frank Press, seorang ahli geologi yang pernah menjadi presiden Akademi Sains di AS. Ia sebagai salah satu penulis buku Earth dan menggambarkan dalam tulisannya bahwa gunung berbentuk seperti pasak.

 

Permukaan gunung yang dilihat manusia dan menjulang ke permukaan tanah hanya sebagian kecil dari keseluruhan gunung. Bagian gunung yang lain, yaitu akarnya tertanam di dalam Bumi. Temuan ilmiah ini telah dijelaskan dalam Alquran sekira 14 abad lalu.

Fungsi gunung sangat lengkap dijelaskan dalam Al Quran ( ilustrasi foto: pixabay)

Dalam beberapa ayat, dijelaskan bahwa gunung diciptakan agar Bumi tidak goncang atau sebagai pasak bumi sehingga mempunyai kestabilan. Seperti yang dijelaskan Allah Swt dalam Al Quran:

(31). وَجَعَلْنَا فِي الْأَرْضِ رَوَاسِيَ أَنْ تَمِيدَ بِهِمْ وَجَعَلْنَا فِيهَا فِجَاجًا سُبُلًا لَعَلَّهُمْ يَهْتَدُونَ

Dan telah Kami jadikan di Bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka dan telah Kami jadikan (pula) di Bumi itu jalan-jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk,” (QS.Al-Anbiya:31)

 

Dalam ayat lainnya, Allah berfirman, “Bukankah Kami telah menjadikan Bumi itu sebagai hamparan? dan gunung-gunung sebagai pasak?,” (QS. An-Naba’ : 6-7)

 

(15). وَأَلْقَىٰ فِي الْأَرْضِ رَوَاسِيَ أَنْ تَمِيدَ بِكُمْ وَأَنْهَارًا وَسُبُلًا لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

“Dan Dia menancapkan gunung-gunung di Bumi supaya Bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk,” (QS.An-Nahl: 15).

Dengan demikian fungsi gunung sungguh sangat penting dalam menjaga keseimbangan goncangan atau gempa di bumi. Kalangan ilmuwan juga menyebutkan meski ada gunung yang sudah tidak aktif lagi namun tetap mempunyai fungsi yang sama sehingga sangat berbahaya jika ada upaya pengerukan atau penggalian.

Hal ini selain dapat merusak ekosistem juga lambat laun akan mengurangi keseimbangan bumi.[ ]

5

Red: admin

Editor: iman

901