Gelar Rakorwil, Dewan Dakwah Jabar Siapkan Program Kemandirian Untuk Dai dan Ummat

0
96
Dewan Dakwah (DDII) Jabar melakukan Rakorwil 2021 ( foto: panitia)

PERCIKANIMAN.ID – – Dewan Dakwah (DDII) Jawa Barat melaksanakan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil)  di Ciater Subang Jawa Barat selama dua hari Sabtu-Ahad (5 – 6/6/2021). Rakorwil sendiri dihadiri oleh pengurus Dewan Dakwah wilayah Jawa Barat dan pengurus di 27 kota dan kabupaten se-Jabar.

 

Rakor kali ini mengambil tema Memperteguh Peranan Dewan Dakwah dalam Menjalankan Fungsi Dakwah Amar Maruf Nahi Mungkar di Jawa Barat. Dewan Dakwah Jawa Barat bertekad untuk komitmen dan Istiqomah dalam berdakwah di Jawa Barat.

iklan

Dalam Rakorwil ini memiliki tujuan diantaranya pertama mensosialisasikan dan menyampaikan program kerja Dewan Dakwah Jawa Barat kepada Dewan Dakwah Kota Kabupaten. Kedua menjadikan ajang silaturahim pengurus Dewan Dakwah Jawa Barat dan Kota Kabupaten.

 

Ketiga memperkuat  langkah-langkah dakwah Dewan Dakwah Jawa Barat dan Kota Kabupaten. Keempat membahas isu-isu yang nantinya akan diangkat dan dicarikan solusinya. Kelima Menjadi sarana untuk bertukar pikiran dan informasi mengenai program kerja, keorganisasian dan keilmuan.

 

Dalam acara ini pula dihadiri dan dibuka oleh ketua Umum   Dewan Dakwah Pusat  yakni ustadz Dr. Adian Husaini. Dalam sambutannya, Dr. Adian memberikan pesan sekaligus mengingatkan kepada seluruh peserta yang hadir terkait agenda kebangsaan Dewan Dakwah. Khususnya dalam menyongsong Indonesia emas 2045 atau 100 tahun kemerdekaannya.

“Karena diprediksi Indonesia di 2045 akan masuk menjadi kekuatan besar di dunia. Kekuatan besar di dunia nanti adalah China, India, Amerika dan Indonesia di urutan keempat,”ungkapnya.

Dalam kesempatan diskusi atau FGD Dr. Adian Husaini juga berpesan bahwa dai-dai Dewan Dakwah juga harus selalu optimis dan inovatif serta memperkuat daya imunitas terhadap perkembangan zaman dan di era disruption saat ini.

Sedangkan ustadz M. Roinul Balad selaku ketua Dewan Dakwah Jawa Barat menjelaskan bahwa Rakorwil ini merupakan salah satu amanah dari hasil Rakerwil Dewan Dawah Jawa Barat yang di laksanakan pada tgl 20-21 Maret 2021 yang lalu.

Dalam sambutanya ustadz Roin mengingatkan terkait 5 peran dan Fungsi Dewan Dakwah di masyarakat yaitu Dewan Dawah sebagai Pengawal Aqidah, Penegak Syariah,  Penguat Ukhwah, Pendukung keutuhan NKRI dan Solidaritas kemanusiaan baik lokal, regional, nasional dan internasional.

Untuk mengukuhkan peran dan fungsi Dewan Dawah tersebut maka kita harus melaksanakan 3 langkah yaitu:

  1. Penguatan lembaga / organisasi dengan adanya kantor sekretariat setiap kota kabupaten dan adanya pengurus yang aktif berkantor
  2. Kaderisasi dengan mendirikan lembaga pendidikan formal mulai tingkat dasar sampai perguruan tinggi yaitu Akademi Dawah (ADI) di setiap kota kabupaten se Jawa Barat
  3. Kemandirian Dawah dengan membentuk Laznas / Lembaga Amil Zakat Dewan Dawah di setiap kota kabupaten

 

Hadir dalam acara pembukaan Rakorwil ini utusan Kemenag Provinsi Jawa Barat yang diwakili Ustadz Drs. Efendi Rahmat M.Ag. Mewakili pemerintah dalam hal ini Kemenag Kanwil Jabar dirinya mengapresiasi  kegiatan Dewan Dakwah selama ini.

“Terima kasih kepada Dewan Dakwah khususnya yang ada di Jawa Barat yang selama ini telah bersinergi dengan Kemenag dalam membina dan membangun masyarakat. Salam dari bapak Kepala Kemenag Jawa Barat yang tidak bisa hadir dalam kesempatan ini,”ungkapnya.

Secara pribadi Ustadz Drs. Efendi Rahmat M.Ag. sendiri mengaku sudah cukup lama mengenal dan menjalin hubungan dengan Dewan Dakwah Jabar. Ia menyebutkan misalnya pada 2013 dirinya pernah di tugaskan olah Kemenag Jabar untuk mengisi kegiatan dauroh Dewan Dakwah Jawa Barat di Pangandaran.

Ketua Umum DDII Pusat, Dr.Adian Husaini (tengah) memberikan cindera mata kepada perwakilan Kemenag Kanwil Jabar yang diterima Drs Effendi Rahmat ( foto: panitia)

Selama dua hari full peserta berdiskusi dan melakukan FGD untuk membahas point-point strategis program Dewan Dakwah Jabar. Mulai dari laporan kondisi dakwah di 27 kokab se-Jabar kemudian FGD dan presentasi program dari setiap bidang di pengurus wilayah DDII Jabar.

Sementara itu Dani Ramdani, S.Sos.I selaku ketua panitia rakorwil menyampaikan bahwa acara ini berjalan sukses dan lancar. Perwakilan dari 27 kokab hadir dan antusias di setiap agenda. Perumusan program kerja dan langkah-langkah strategis tuntas dibahas.

Dalam satu pekan pasca rakorwil akan siap disosialisasikan ke masing-masing kokab hasil dari rakorwil ini, untuk itu dirinya sebagai ketua panitia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut mendukung serta membantu acara Rakorwil ini baik itu dukungan materi maupun dukungan moril.

“Untuk itu kami ucapkan terima kasih dengan doa Jazakumullahu khoiron katsiro kepada semua pihak yang telah mensupport kegiatan ini,”ujarnya dalam keterangan tertulis.

Setelah Rakorwil ini Dewan Dakwah di kota dan kabupaten siap bergerak dengan penuh semangat untuk melaksanakan dakwah amar makruf nahi munkar. Dalam suasana masih pandemi Covid -19, kegiatan Rakorwil sendiri dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

892