Al Quran Sebagai Obat Penyakit Hati, Rasakan Dengan 7 Cara Ini

0
669

PERCIKANIMAN.ID – –  Alquran adalah kitab suci umat Islam. Di dalamnya, terdapat pedoman bagi umat dan Allah sudah menyuruh umat manusia untuk mempelajari isi Al Quran.

 

Dalam Surat Yunus ayat 57 disebutkan Alquran sebagai obat di hati, pedoman, dan rahmat bagi orang-orang beriman.

 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ قَدْ جَآءَتْكُم مَّوْعِظَةٌ مِّن رَّبِّكُمْ وَشِفَآءٌ لِّمَا فِى ٱلصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ

 

Yā ayyuhan-nāsu qad jā`atkum mau\’iẓatum mir rabbikum wa syifā`ul limā fiṣ-ṣudụri wa hudaw wa raḥmatul lil-mu`minīn

 

Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” ( QS.Yunus: 57)

 

Ada tujuh cara untuk memperkaya hidup dengan Al Quran seperti yang dilansir di About Islam,

 

  1. Membaca

 

Membaca Alquran dengan tajwid yang benar dapat menenangkan hati dan jiwa dengan kedamaian. Itu membuat anda merasa dekat dengan Allah. Serta mengurangi kesedihan yang berlarut-larut.

 

Pelafalan harian beberapa halaman Alquran, terutama setelah shalat subuh adalah cara terbaik untuk tetap berada di jalan kebenaran dan berpegang pada ikatan Allah.

 

  1. Membaca Terjemahan dan Tafsir

 

Kita bisa memperoleh pemahaman yang baik tentang kehidupan jika kita memahami Alquran dengan benar. Anda dapat membaca terjemahan dan penafsirannya (tafsir) oleh seorang sarjana yang berpengetahuan dan terspesialisasi. Tafsir membantu mengungkap rahasia Alquran dan menjelaskan makna tersembunyi dari kata, ayat, dan surat.

 

  1. Menghafal

 

Dari Abdullah Ibn ʻAbbas r.a. mengatakan Rasulullah SAW bersabda : “Dia yang tidak menghafal satu bagian pun dari Alquran, seperti rumah yang hancur,” (HR At-Tirmidzi).

 

Memiliki kata-kata Ilahi yang tersimpan di hati memungkinkan anda untuk bersenandung saat merasa sedih dan berdoa sepanjang malam. Selain itu, itu membuat anda merasa sangat dekat dengan Allah.

 

  1. Mendengarkan Dengan Penuh Perhatian

 

Salah satu cara terbaik merenungkan Alquran adalah mendengarkannya dengan saksama ketika seseorang sedang membaca atau menjelaskannya kepada anda. Baik itu mendengarkan pembacaan Alquran atau ceramah daring maupun saat berpergian atau menghadiri kelas di sebuah institut atau masjid.

 

  1. Bertindak Di Atasnya

 

Kita harus berpegang pada Alquran dalam kehidupan kita sehari-hari. Sebab, Alquran adalah buku yang dikirim sebagai pedoman bagi seluruh umat manusia. Alquran memberikan panduan lengkap dari memenuhi perjanjian, mengambil pinjaman, meninggalkan warisan, menanggapi kejahatan dengan kebaikan, pernikahan, dan menyerukan Islam. Termasuk prinsip-prinsip membesarkan anak yang shaleh dan bersedekah. Semua tentang cara menjalani hidup damai dijelaskan dalam Alquran.

 

  1. Mengajarnya kepada Orang Lain

 

Usman Ibn ʻAffan r.a. meriwayatkan Rasulullah SAW bersabda :”Yang terbaik di antara kamu adalah orang yang belajar Alquran dan mengajarkannya (kepada orang lain),” (HR Bukhari).

 

Mangajarkan Alquran bisa dengan cara sederhana seperti mengundang beberapa teman untuk minum the. Lalu membacakan sejumlah ayat untuk mereka dalam bahasa Arab diikuti oleh terjemahan dan penjelasan selama setengah jam. Kemudian setiap orang dapat berdiskusi bagaimana ayat-ayat tersebut yang telah dipelajari diterapkan dalam kehidupan mereka.

 

Surat-surat pendek Alquran dapat diajarkan secara keseluruhan. Manfaat dari kegiatan ini lebih besar daripada sekedar merenungkannya.

 

  1. Menjadi salah satu Ahlul Quran

 

Ikatan yang mengikat umat Islam atas dasar belajar Alquran bersama-sama tak bisa digambarkan. Itu adalah cinta yang tulus dan tidak duniawi, semata-mata demi Allah. Alquran dapat mewarnai kehidupan umat Islam dengan warna-warna yang cerah, memperkaya jiwa dengan ilmu yang bermanfaat, dan membimbing untuk merasakan penghiburan karena dekat dengan Allah.  [ ]

 

Sumber: ihram.co.id

5

Red: admin

Editor: iman

903