Bacaan Sujud Tilawah, Ini Yang Dicontoh Rasul

0
239
Manfaatkan saat sujud untuk berdoa (ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – –  Para ulama berbeda-beda dalam menjelaskan sebab-sebab sujud tilawah. Ulama Hanafiyyah berkata, sebab-sebab sujud tilawah ada tiga. Pertama, membaca ayat sajdah. Bagi pembaca wajib sujud tilawah meski dirinya sendiri tidak mendengar bacaannya, baik karena tuli maupun sebab lainnya.

 

Kedua, mendengarkan ayat sajdah atau tidak sengaja mendengarnya. Ketiga, menjadi makmum. Artinya jika imam membaca ayat sajdah dan sujud tilawah, maka makmum wajib mengikutinya meskipun misalnya makmum sendiri tidak mendengar bacaan imam.

iklan

 

Semantara Ulama Malikiyyah berkata, sebab-sebab sujud tilawah itu hanya ada dua, yaitu membaca dan mendengar. Namun, dengan syarat  benar-benar mendengarkan seperti tersebut dalam syarat-syaratnya.

 

Lalu bagaimana bacaan ketika sujud tilawah? Sama seperti bacaan sujud biasa atau beda? Perlu tempat sujud atau cukup menunduk saja jika diluar shalat?

 

Untuk mendapat penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

Semoga bermanfaat, wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

932

buku shalat wudhu

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .