Bagaimana Cara Berbakti Pada Orangtua yang Sudah Meninggal?

0
674

Ya Rasulullah, apakah masih ada yang dapat aku lakukan untuk berbakti kepada  orang tuaku yang telah  wafat?” Beliau bersabda, “Ya, yaitu mendoakannya, memintakan ampun untuk keduanya, menunaikan janji kedua-nya, menyambung persaudaraan dengan saudara-saudaranya, dan memuliakan kawan keduanya.” (H.R. Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban)

Dari penjelasnnya hadits ini setidaknya ada 4 cara kita memuliakan atau berbakti kepada orangtua yang telah tiada dan semua tidak berat atau tidak memerlukan biaya dan sebagainya.

Pertama adalah mendoakannya. Berdoa tentu dapat kita lakukan kapan saja dan dimana saja terutama setelah shalat baik wajib maupun sunnah. Berdoa sesuatu pekerjaan yang ringan tidak memerlukan biaya dan jangan sepelekan faedah atau keutamaan doa ini. Banyak ayat Al Quran maupun hadits yang memerintah kita untuk berdoa baik untuk diri sendiri, orangtua maupun kaum muslimin.

Kedua adalah memenuhi janjinya. Mungkin saja orangtua kita selama hidupnya mempunyai janji yang belum terpenuhi maka ketika kita mengetahui baik kita sendiri yang tahu maupun diberi tahu orang lain maka janji tersebut kita penuhi. Misal orangtua pernah berjanji ingin membelikan sajadah atau sandal untuk di masjid atau menyantuni fakir miskin dan sebagainya.

Ketiga adalah menyambung persaudaraan. Orangtua kita tentu mempunyai saudara baik kakak (oom atau tante kita) dan adik (paman kita). Ketika orangtua telah meninggal bukan berarti hubungan kekeraban dan persaudaraan menjadi putus namun harus terus dijalin termasuk dengan anak-anaknya. Jangan sampai sebaliknya karena orangtua telah tidak malah hubungan kekeluargaan menjadi putus. Ini tentu bukan ajaran Islam.

Keempat adalah memuliakan kawan-kawan. Bisa dipastikan bahwa setiap orang mempunyai teman atau sahabat maka jika kita mengetahui sahabat-sahabat mereka sebisa mungkin kita tetap menjaga hubungan baik. Termasuk memulikan kawan-kawan almarahum orangtua kita adalah dengan menjaga nama baiknya. Selaku anak maka kita harus senantiasa berakhlak dan berperilaku mulia sehingga nama orangtua kita tetap baik. Terkait dengan cara dan bentuk berbakti kepada orangtua khususnya kepada ibu, saya sudah menulisnya lengkap dalam buku “Muliakan Ibumu“. Wallahu’alam. [ ]

 

Buku Muliakan Ibumu 1

Editor: iman

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/