Mahasiswa UGM Kembangkan Salep Luka Diabetes dari Jahe Merah

0
153

PERCIKANIMAN.ID  – – Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali membuat inovasi. Kali ini, sekelompok mahasiswa mengembangkan salep luka untuk penderita diabetes, tapi terbuat dari bahan alami yakni jahe merah.

 

iklan

Diabetes merupakan penyakit tidak menular yang beresiko tinggi. Tidak cuma memerlukan usaha ekstra dalam penyembuhan, tapi jika penderitanya mengalami luka akan lebih lama kering dan sembuh.

 

 

Untuk mengobati luka, biasanya penderita diabetes menggunakan antibiotik. Namun, penggunaan antibiotik dalam jangka panjang tentu tidak baik, karena dapat memicu resistensi bakteri.

 

Kondisi itu mendorong tiga mahasiswa UGM untuk mencari solusinya, guna mengatasi persoalan yang ada. Mereka adalah Erman Satya Nugraha, Dedy Setiawan dan Dion Adiriesta Dewananda.

 

Mereka mencari alternatif obat untuk mengatasi infeksi Methicillin REsistant Staphylococcus aerus (MRSA) kepada luka diabetes. Uniknya, dilakukan dengan meracik jahe merah sebagai bahan salep lukanya.

 

Erman mengatakan, ekstrak jahe merah mengandung berbagai senyawa aktif yang mampu membunuh bakteri. Senyawa itu antaralain flavonoid quersetin, flavonoid rutin, tanin, saponin, fenol, steroid dan alkoloid.

 

“Itu merupakan golongan senyawa yang bersifat bakterisidal kuat bermekanisme agonis seperti membuat pori pada dinding sel bakteri, menghambat enzim sintesis protein, merusak DNA dan inhibisi kereaktifan membran sel,” kata Erman di Kampus UGM, Senin (27/8/2018) lalu.

 

Selain itu, kandungan senyawa fenol dapat berperan dalam vasodilatasi dan pembentukan pembuluh darah baru yang membantu kesembuhan jaringan luka. Pada praktiknya, mereka mengolah jahe merah yang banyak tersedia jadi salep.

 

Ketiganya lalu melakukan pengujian yang dilakukan kepada hewan tikus selama 15 hari. Hasilnya, salep jahe merah terbukti mampu mempercepat kesembuhan luka diabetes yang terinfeksi MRSA.

 

 

BACA JUGA: Tips Perawatan Kulit Mudah Dilakukan 

 

 

“Mempercepat kesembuhan luka diabetes yang terinfeksi MRSA dibandingkan dengan salep antibiotik komersial,” ujar Erman.

 

Ketiga mahasiswa muda ini berharap, penggunaan salep jahe merah bisa mencegah timbulnya resistensi bakteri. Selain itu, obat bernama Zingibera ini diharap mampu jadi alternatif menyembuhkan luka penderita diabetes. [ ]

Sumber: republika online

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

850

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman