Benarkah Derajat Manusia Lebih Tinggi Daripada Jin? Ini Penjelasannya

0
264
Ada alam gaib dan ada peristiwa gaib ( ilustrasi foto: freepik)

PERCIKANIMAN.ID – – Selain menciptakan manusia, Allah Ta’ala juga makhluk ghaib lainnya yakni jin. Makhluk tak terlihat ini dinamakan jin karena jin tertutup dari pandangan manusia. Ulama tafsir Ibnu ‘Aqil mengatakan bahwa jin disebut jin karena mereka menjauh dan tertutup dari pandangan manusia. Hal ini sebagaimana yang Allah Ta’ala berfirman,

(27) إِنَّهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْ

“Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka.” (QS. Al A’raf [7]: 27).

 

Namun prinsip utama dari tujuan penciptaan jin dan manusia  adalah untuk beribadah dan bertakwa kepada Allah Ta’ala. Hal ini sesuai firman Allah Ta’ala yang berbunyi,

 

(56) وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan Aku (Allah) tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi (ibadah) kepada-Ku.” (QS. Al-Dzariyat [51]: 56)

 

Namun baik manusia maupun jin pun tidak semua bertakwa kepada Allah Ta’ala, sebagian ada yang ingkar atau kafir. Kelak di yaumil akhir mereka akan dimasukan ke dalam neraka. Hal ini berdasarkan dalil tegas (nash) dari Al-Qur’an dan juga ijma’ ulama dimana Allah Ta’ala berfirman,

(179) وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِنَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ

Dan sesungguhnya kami jadikan untuk (isi neraka jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia.” (QS. Al-A’raf [7]: 179)

 

Lalu, benarkah derajat manusia itu lebih tinggi daripada jin, padahal jin diciptkan dari api dan manusia diciptakan dari tanah? Bagaimana dengan nasib jin yang taat dan beribadah kepada Allah? Apakah pahala ibadah antara jin dan manusia mempunyai nilai yang sama ?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

921

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .