Apakah Ikut BPJS Haram? Begini Penjelasannya

0
1376
Pemerintah menyelenggarakan program BPJS ( ilustrasi foto: merdeka )

PERCIKANIMAN.ID – – Kesehatan dalam Islam merupakan salah satu perkara yang penting bagi seorang manusia khususnya bagi muslim. Ia (Kesehatan) merupakan nikmat dan karunia besar yang Allah Ta’ala yang harus disyukuri oleh setiap hamba-Nya. Terkait pentingnya kesehatan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 

نعمتان مغبون فيهما كثير من الناس الصحة والفراغ

 

Dua kenikmatan yang sering dilupakan oleh kebanyakan manusia adalah kesehatan dan waktu luang.” (HR. Al-Bukhari: 6412, at-Tirmidzi: 2304, Ibnu Majah: 4170)

 

Dengan memiliki kesehatan yang prima dan fit maka akan menjadi salah satu faktor dalam kekusyukan dalam ibadah. Misalnya, dalam ibadah shalat pun akan tumakninah dan kusyuk. Demikian juga dengan ibadah haji yang butuh fisik yang sehat dan kuat.

 

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk terus diperhatikan dan dijaga. Jika tidak dijaga dengan baik, maka hal kesehatan akan sangat mudah memengaruhi produktivitas dalam kegiatan sehari-hari sehingga terjadi penurunan.

 

Jika sudah terpengaruh oleh dampak negatif dari kesehatan, maka bisa saja segala rencana yang telah dipersiapkan bisa jadi terbengkalai dan harus dirancang ulang dan membutuhkan waktu yang lama.

 

Sebagai salah satu upaya dalam perlindungan Kesehatan, saat ini pemerintah mempunyai program Badan Pelayanan Jaminan Sosial Kesehatan atau BPJS Kesehatan. Untuk mendapat manfaat BPJS Kesehatan tersebut, masyarakat diminta untuk melakukan iuran rutin setiap bulannya.

 

Lalu apa hukum BPJS dalam Islam, halal atau haram? Apakah jika ikut BPJS dari perusahaan termasuk turut menolong orang lain? Bolehkah kita menolak ikut BPJS yang diprogramkan pemerintah?

 

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

910

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .