Amalan Rasulullah Usai Shalat Tahajud dan Sebelum Subuh, Ini Yang Perlu Kita Ketahui

0
1514
Shalat Tahajud mempunyai banyak keutamaan ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Hukum shalat tahajud adalah sunnah. Namun meski bernilai sunnah, tetapi shalat di malam hari setelah tidur beberapa saat ini sangat dianjurkan. Hal ini difirmankan Allah Ta’ala dalam Al Quran misalnya dalam QS Al-Isra: 79,

 

(79) وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

 “Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji”. (QS. Al Isra: 79 )

 

Menurut beberapa ulama tafsir, ayat ini bermakna bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam dan umat Islam diperintahkan untuk bangun di malam hari dan shalat menghadap Allah Ta’ala. Malam hari adalah waktu yang pas untuk merenung, mengevaluasi diri, dan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

 

Dalam sebuah hadits, Rasulullah juga menyandingkan amalan yang utama dilakukan setelah sedekah, yaitu shalat tahajud. Untuk itulah bisa kita ketahui bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam tidak pernah lepas untuk melaksanakan shalat di malam hari ini, tepatnya di sepertiga malam.

 

“Lakukanlah shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang shaleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit tubuh” (HR. Tirmidzi)

 

Bangun disepertiga malam yang akhir memang sangat menantang. Tidak semua orang sanggup atau melaksanakannya dengan konsisten. Shalat tahajud dikerjakan dari tengah malam dan utamanya disepertiga malam hingga menjelang shalat Subuh.

 

Lalu, setelah selesai shalat Tahajud dan belum masuk waktu Subuh apakah kita diperbolehkan tidur lagi? Apa yang harus dilakukan dalam menunggu waktu masuk shalat Subuh? Kalau sedang mengerjakan shalat Tahajud kemudian terdengar adzan Subuh apakah masih perlu shalat witir?

 

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

903

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .