Puasa Sunnah di Bulan Dzulhijjah, Apakah Hanya Puasa Arafah? Bolehkah Puasa Tarwiyah? Ini Penjelasannya  

0
1661
ilustrasi foto: norman

PERCIKANIMAN.ID – –  Saat ini kita telah  memasuki bulan yang sangat mulia yaitu Dzulhijjah. Bulan Dzulhijjah merupakan bulan ke 12 dalam kalender Hijriah dan termasuk salah satu bulan suci dan dimuliakan. Salah satu keutamaan Bulan Dzulhijjah yaitu banyaknya peristiwa besar dalam Islam yang terjadi di bulan ini.

 

Umat Muslim bahkan tak dianjurkan berperang saat Dzulhijjah, kecuali sekadar membela diri. Bulan Dzulhijjah sama istimewanya seperti bulan Ramadhan, karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan banyak peluang kepada umat Islam untuk memperbanyak amalan-amalan shalih dengan tujuan dan niat hanya mengharapkan keberkahan dari-Nya.

 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memberikan informasi tentang hal ini dalam haditsnya. Dari Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

Ada dua bulan yang pahala amalnya tidak akan berkurang. Keduanya dua bulan hari raya: bulan Ramadhan dan bulan Dzulhijjah,” (HR. Bukhari no. 1912 dan Muslim no. 1089)

 

Salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan di bulan Dzulhijah adalah menyembelih hewan quran dan puasa sunnah.

 

Lalu apa saja puasa atau shaum sunnah di bulan Dzulhijah? Bagaimana dengan pelaksanaan puasa atau shaum Arafah? Apakah puasa Tarwiyah juga disunnahkan dan apakah haditsnya shahih? Bolehkah mengamalkan hadits dhoif untuk ibadah ?

 

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

930

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .