Tanda Husnul Khatimah dan Doanya, Ini Yang Harus Dipahami Setiap Muslim

0
975
Setiap muslim ingin husnul khatimah di akhir hayatnya ( ilustrasi foto: dalam islam)

PERCIKANIMAN.ID – – Kematian adalah hal peristiwa yang akan dihadapi dan dialami oleh setiap manusia, baik orang kaya atau pun miskin, sakit maupun dalam keadaan sehat dan sebagainya. Tidak ada seorang pun yang dapat lari darinya. Dalam Al Quran secara tegas Allah Subhanahu Wa Ta’ala firmankan,

 

(185) كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۖ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

 

Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Sungguh, pada hari Kiamat balasanmu diberikan dengan akurat. Siapa pun yang dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke surga, sungguh ia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenang-an yang memperdaya.” ( QS. Ali Imran: 185 )

 

Hanya saja yang membedakan adalah kondisi seseorang ketika kematian datang padanya. Ada yang meninggal dalam kondisi yang buruk (su’ul khatimah) semisal meninggal saat sedang zina, mabuk, judi dan sebagainya. Intinya meninggal saat melakukan maksiat pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

 

Namun ada juga orang yang meninggal dalam kondisi yang baik (husnul khatimah) misalnya membaca tahlil, baca Quran , sedang bersujud atau melakukan ibadah lainnya, yang intinya meninggal sedang taat kepada Allah Ta’ala.

 

Sebagai muslim tentunya kita ingin diakhir hayat nanti menginggal dalam keadaan yang baik ( husnul khatimah). Sebab, sebagian ulama menyebutkan kemuliaan yang akan diperoleh orang yang meninggal dalam keadaan husnul khatimah, misalnya meninggal dengan jiwa yang tenang dan mendapat balasan Surga dari Allah. Hal ini sebagaimana terdapat dalam Al Quran surat Al Fajr dari ayat 27-30.

(27). يَا أَيَّتُهَا النَّفْسُ الْمُطْمَئِنَّةُ

(28). ارْجِعِي إِلَىٰ رَبِّكِ رَاضِيَةً مَرْضِيَّةً

(29). فَادْخُلِي فِي عِبَادِي

(30). وَادْخُلِي جَنَّتِي

“Hai, jiwa yang tenang! Kembailah kepada Tuhanmu dengan hati yang ridho dan diridhoi-Nya. Masuklah ke golongan hamba-hamba-Ku, masuklah ke surga-Ku.” ( QS. Al Fajr: 27 – 30)

 

Lalu seperti apa tanda orang yang meninggal dalam keadaan husnul khatimah ? Apakah husnul khatimah itu bisa direncanakan? Apa saja doa agar kita meninggal husnul khatimah? Amalan apa saja agar kelak kita meninggal husnul khatimah?

 

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

923

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .