Hukum Yoga Menurut Islam, Benarkah Itu Olahraga Haram?

0
316
Yoga adalah salah satu jenis olahraga pernafasan yang berasal dari India ( ilustrasi foto: freepik)

PERCIKANIMAN.ID – – Olahraga tak hanya melulu gerakan fisik yang membuat tubuh berkeringat. Pasalnya, terdapat alternatif olahraga lain yang tidak perlu berpindah-pindah tempat namun dapat meningkatkan kualitas mental dan fisik, yang disebut yoga. Yoga sendiri adalah jenis olahraga yang berasal dari negara India.

 

Aktivitas olah tubuh dan pikiran ini sudah dikenal sejak ribuan tahun silam. Tujuan utama dari yoga sebenarnya jauh dari olahraga. Yakni merilis kekuatan spiritual dan mental dari seseorang. Meski demikian, yoga kini sudah sangat populer sebagai olahraga yang dapat melawan stres dan kecemasan yang kerap melanda masyarakat modern.

 

Berlatih yoga bisa membuat fisik seseorang tetap bugar serta terhindar dari aneka penyakit. Selain itu, rutin melakukan yoga bisa membantu membuat mental, sosial, emosional, dan spritual seseorang jadi lebih baik.

 

Praktik olah tubuh ini kini telah diadaptasi ke dalam berbagai variasi, baik itu berupa gerakan maupun manfaatnya. Namun, secara umum, gerakan yoga berfokus pada latihan pernapasan, meditasi, serta berbagai pose yang ditujukan untuk menciptakan relaksasi dan mengurangi stress.

 

Lalu bagaimana hukum melakukan olahraga Yoga dalam Islam? Boleh atau terlarang? Bukankah dalam olahraga Yoga ada meditasi bahkan ritual dari negara asalnya?

 

 

Untuk mendapat penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishsawab.[ ]

 

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

928

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .