Shalat Idul Fitri dan Zakat Fitrah, Begini Hukum dan Tata Caranya

0
266
Untuk shalat Idul Fitri 1442H / 2021 masih dalam situasi pandemi Covid-19. ( ilustrasi foto: istimewa)

PERCIKANIMAN.ID – – Saat ini kita sudah dipenghujung Ramadhan dan dalam hitungan jam Ramadhan bulan yang mulia penuh barokah akan meninggalkan kita. Selanjutnya kita akan memasuki bulan Syawal dengan ditandai dengan Shalat Idul Fitri yang dikerjakan setiap tanggal 1 Syawal pada pagi hari.

 

Waktu pelaksanaannya dimulai sejak matahari terbit sampai condong ke barat. Atau setelah terbitnya matahari seukuran satu atau dua tombak atau kira- kira setelah setengah jam setelah terbit sampai sesaat sebelum tergelincirnya matahari, yaitu sebelum masuk waktu Dhuhur. Atau Sama dengan waktu shalat Dhuha.

iklan

 

Namun sebelum Ramadhan berakhir atau sebelum shalat Idul Fitri kita diwajibkan menunaikan Zakat Fitrah.  Zakat fitrah yang harus ditunaikan bagi seorang muzakki yang telah memiliki kemampuan untuk menunaikannya. Zakat fitrah adalah zakat wajib yang harus dikeluarkan sekali setahun yaitu saat bulan ramadhan menjelang idul fitri. Pada prinsipnya, zakat fitrah haruslah dikeluarkan sebelum sholat idul fitri dilangsungkan. Hal tersebut yang menjadi pembeda zakat fitrah dengan zakat lainnya.

 

Zakat fitrah berarti menyucikan harta, karena dalam setiap harta manusia ada sebagian hak orang lain. Oleh karenanya, tidak ada suatu alasan pun bagi seorang hamba Allah yang beriman untuk tidak menunaikan zakat fitrah karena telah diwajibkan bagi setiap muslim, laki-laki maupun perempuan, orang yang merdeka atau budak, anak kecil atau orang dewasa. Ini perkara yang telah disepakati oleh para ulama.

 

Lalu bagaimana hukum Shalat Idul Fitri, wajib atau sunnah? Bagaimana caranya dengan takbiran malam Idul Fitri? Apa saja sunnah shalat Idul Fitri? Bagaimana cara membayar atau menunaikan zakat Fitrah? Sebaiknya dengan uang atau beras ?

 

Untuk mendapat penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian silakan simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan menyimak:

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab . [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

900

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .