Hukum Membaca Al Fatihah Saat Shalat Berjamaah, Begini Penjelasannya

0
237
Muslim Brazil
Keutamaan shalat berjamaah ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – –  Salah satu syarat sah dalam melaksanakan ibadah shalat adalah membaca Al Fatihah. Hal ini sebagaimana ditegaskan Nabi Saw dalam sebuah haditsnya,

 

عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَامِتِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: لاَ صَلَاةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ [رَوَاهُ البُخَارِ].

iklan

 

Dari ‘Ubadah bin Shamit (diriwayatkan), Rasulullah saw bersabda, tidak sah shalat bagi orang yang tidak membaca Fatihatul-Kitab (al-Fatihah) [HR. al-Bukhari No. 723].

 

Keabsahan sholat ditentukan oleh pembacaan surat al-Fatihah. Surat yang wajib dibaca setiap rakaat sholat ini mempunyai etika dalam pembacaannya.

 

Selain dituntut penghayatan mendalam ketika membacanya, juga ada etika tersendiri yang harus diindahkan, baik oleh imam maupun makmum.

 

Lalu bagaimana hukumnya saat shalat berjamaah? Apakah makmum juga harus membaca surat Al Fatihah? Kapan makmum membaca surat Al Fatihah nya? Dalam shalat apa saja makmum tidak membaca Al Fatihah?

 

Untuk mendapat penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

Semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim offcial

948

buku shalat wudhu

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .