Apakah Tes Swab Membatalkan Puasa ? Ini Penjelasannya

0
151
Tes Swab yang dijalani seorang mahasiswa ( ilustrasi foto: jatengprov.go.id)

PERCIKANIMAN.ID – – Saat ini kita sedang menjalani ibadah Ramadhan khususnya puasa ditengah pandemi Covid -19 yang belum berakhir. Ini adalah Ramadhan kedua dimasa pandemi Covid 19 yang harus dijalani kaum muslimin di seluruh dunia.

 

Menjalani ibadah Ramadhan ditengah pandemi Covid-19 tentu bukanlah yang kita ingin, namun karena ini adalah tadir dari Allah Swt maka harus diterima dengan keimanan dan ketakwaan. Sebagai muslim sudah semestinya tidak boleh mengeluh dan menyalahkan keadaan yang ada.

iklan

 

Meski demikian ditengah menjalankan ibadah di bulan Ramadhan khususnya kita juga dituntut untuk terus bekerja dan aktivitas lainnya dengan tetap menjalankan Protokol Kesehatan yang baku. Hal ini tentunya sebagai salah satu ikhtiar agar terhindar dari terpapar Covid-19 yang hingga kini belum ada obatnya.

 

Salah satu syarat jika ingin pepergian khususnya ke luar kota atau negara adalah harus melakukan tes bebas Covid-19. Demikian juga jika merasa ada gejala terpapar Covid-19 maka sebaiknya melakukan tes Covid-19, misalnya dengan tes swab, tes PCR dan sebagainya untuk memastikan kita sehat dan negative Covid.

 

Lalu jika kita melakukan tes swab atau tes lainnya apakah itu dapat membatalkan puasa? Bukankah hal itu tidak masuk ke dalam perut atau membuat kita kenyang? Bagaimana solusinya selain tes tersebut?

 

Untuk mendapat penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

Semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

5

Red: admin

Editor: iman

908

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 08112202496 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .