Cara Mengatasi Hati Gelisah, Begini Yang Diajarkan Islam

0
873

PERCIKANIMAN.ID – – Setiap orang mempunyai problematika hidup yang berbeda-beda dan bisa jadi itu membuat seseorang menjadi gelisah serta resah menjalani hari-hari. Setiap orang juga mempunyai cara dan jalan keluar yang berbeda pula dalam menyelesaikan persoalan hidup tersebut.

Secara umum sebagai umat Islam , orang-orang yang beriman mempunyai panduan atau pedoman hidup yakni Al Quran. Dalam Al Quran ada panduan bagaimana kita terhindar dari rasa gelisah dan resah dalam menghadapi dinamika kehidupan ini yakni dengan mengingat Allah atau berdzikir. Kita bisa baca dalam Al Quran dimana Allah memerintah kepada hamba-Nya untuk senantiasa mengingat-Nya agar hati menjadi tenang dan tentram,

(28). الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah (dzikir). Ingat, hanya dengan mengingat Allah (dzikir), hati menjadi tenteram” ( QS.Ar-Ra’d: 28)

Selain itu ada beberapa amalan atau aktivitas yang bisa membuat hati menjadi tenang, tentram dan senantiasa bersyukur dan bahagia. Diantaranya adalah senantiasa membaca Al Quran, wudhu, shalat sunnah, berdzikir atau pun berdoa agar diberikan hati yang tentram.

Dalam Al Quran maupun Hadits ada banyak ayat atau tuntunan Rasulullah dalam berdoa. Seperti dalam Al Quran diajarkan untuk berdoa,

(250). رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ…….

“Ya Tuhan kami, limpahkan kesabaran kepada kami, kukuhkan langkah kami, dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.” ( QS.Al-Baqarah: 250)

Tentunya masih banyak lagi tuntunan doa yang bisa kita amalkan. Kalau pun kita tidak bisa berdoa dengan bahasa Arab atau tidak hafal ayat doa yakni apa yang ada dalam Al Quran atau dalam hadits maka Anda bisa berdoa sesuai dengan bahasa sehari-hari yang kita gunakan. Yakinlah bahwa Allah Maha Tahu dan Maha Mendengar.

Nah, terkait kegelisahan atau keresahan kita, saya tidak tahu persis apa penyababnya sehingga tidak bisa detail memberikan saran. Ada baiknya Anda datang atau berkonsultasi dengan seorang psikolog atau psikiater. Kita bisa menceritakan sebab musababnya dan mereka (psikolog atau psikiater) akan memberikan solusinya.

Kita yang lebih tahu sebabnya Anda gelisah bahkan hingga tidak bisa tidur tersebut. Bisa jadi kita mengalami persoalan kejiwaan maka seorang psikolog atau psikiater lebih tepat untuk mencari solusinya.

Sebab jika tidak diobati maka persoalan kejiwaan juga bisa mempengaruhi kondisi fisik seseorang. Orang yang gelisah itu akan susah tidur sehingga kurang tidur, susah makan, tidak punya selera makan, malas olah raga dan sebagainya yang ujungnya akan mengganggu kesehatan fisik kita.

Jadi secara umum untuk menghilangkan kegelisahan hati maka sebagai seorang yang beriman adalah banyak-banyak mengingat atau berdzikir kepada Allah Swt. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

904