Hukum Membuka Jilbab Di Depan Ipar, Boleh atau Terlarang?

0
3663

 

Assalamualaikum.Pak Aam, di rumah saya ada adik suami ( adik ipar saya) karena sedang mencari pekerjaan dan untuk sementara tinggal di rumah. Namun kadang saya suka canggung terutama saat saya tidak memakai jilbab dan dia tiba-tiba datang dari luar. Saya cepat-cepat memakai jilbab namun kata suami tidak apa-apa karena masih saudara. Namun saya tetap memakai jilbab. Bagaimana hukumnya membuka jilbab di ketika ada saudara ipar? Bagaimana seharusnya saya bersikap atau menjelaskannya? Mohon nasihatnya. ( Nia via email)

 

Walaikuamsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian. Apa yang Anda alamai adalah salah satu dilema dalam keluarga. Disisi lain ada saudara suami atau istri baik-baik saja apalagi dia ingin mencari kerja dan numpang di rumah kita. Ini hal baik yang bermakna menolong.

 

Namun disisi lain jika terlalu lama juga akan timbul masalah apalagi jika rumah kita sederhana yang mempunyai ruang atau kamar yang hanya cukup untuk keluarga kita. Di satu sisi Anda ingin berbuat baik namun disisi lain Anda tetap harus menjaga aurat.

 

Terkait hal ini jumhur ( mayoritas ) ulama berpendapat bahwa kakak ipar baik lelaki atau wanita tidak boleh menampakkan auratnya di hadapan saudara suami atau istrinya yang telah baligh atau dewasa. Demikian pula sebaliknya. Hal ini disebabkan keduanya tidak memiliki hubungan mahram.

 

Dalil akan haramnya menampakkan aurat dihadapan saudara ipar ini ditegaskan Rasul yang memberi peringatan keras terhadap hubungan interaksi antar-saudara ipar, apalagi di dalam rumah. Coba Anda perhatikan,

 

Ada seorang sahabat yang bertanya, “Ya Rasulullah, bagaimana hukum kakak ipar?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Saudara ipar adalah kematian.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

Demikian tegasnya Rasul memberikan rambu-rambu dalam hubungan atau pergaulan antara saudara ipar khususnya yang telah dewasa ini.

 

Interaksi atau pola pergaulan dengan kakak atau adik ipar bisa menjadi sebab timbulnya fitnah, maksiat bahkan dapat menghancurkan sebuah keluarga. Terkadang hal ini tidak disadari dan tidak dipahami oleh suami atau istri. Kalau kita baca banyak kasus hubungan terlarang antara saudara ipar ini baik suami atau pun istri. Ini harus menjadi kewaspadaan dan kehati-hatian.

 

Hubungan yang terlalu akrab antara saudara ipar kadang bisa menimbulkan masalah. Batas-batas atau norma yang tidak lagi diindahkan atau dijaga akan menghancurkan rumah tangga. Kondisi semacam ini akan memudahkan mereka untuk terjerumus ke dalam zina.

 

Mungkin tidak sampai pada zina yang sebenarnya namun semua bisa diawali dengan zina hati, zina mata dan sebagainya. Dalam Alquran secara tegas Allah sudah memperingatkan,

 

Dan janganlah kamu mendekati zina, Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (QS.Al Israa: 32)

 

Ingat yang namanya zina tidak langsung datang atau dilakukan begitu ketemu. Namun diawali dengan saling kenal, akrab dan seterusnya. Setan menggoda manusia itu setahap demi setahap dan tidak langsung pada zina sebenarnya.

 

BACA JUGA: Bolehkah Wanita Membuka Jilbab Di Depan Wanita Non Muslim? 

 

Apa yang Anda lakukan menurut saya sudah benar yakni segera menutup aurat atau jilbab dan menghindari terlalu akrab dengan adik ipar. Apalagi jika suami Anda sedang pergi atau tidak ada di rumah maka sebaiknya Anda dan adik ipar tidak serumah. Anda bisa pergi dulu ke rumah orangtua atau saudara dulu untuk menghindari hal ini.

 

Menurut hemat saya, Anda harus menjelaskan kepada suami. Ajak bicara atau diskusi baik-baik dari beri pengertian. Hal ini semata bukan Anda bermaksud menolak kehadiran adik suami atau juga adik ipar Anda. Namun demi menjaga keharmonisan rumah tangga Anda dan suami. Berbuat baik tentu boleh namun jangan sampai melanggar syariat. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

980

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online