Selesai Mandi Besar, Haruskah Wudhu Lagi Ketika Hendak Shalat ?

0
274

Assalamu’alaykum. Pak Aam, saya sudah mandi besar dan hendak shalat tapi kata suami harus wudhu dulu. Sesuai yang pernah saya baca dan dengar orang yang selesai mandi besar tidak perlu wudhu lagi ketika hendak shalat. Bagaimana yang benar, perlu wudhu lagi atau tidak jika ingin shalat ? Mohon penjelasannya ( Wulan via fb )

 

iklan

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Salah salah syarat shalat adalah harus bersih dari hadats besar dan kecil. Membersihkan hadats besar yakni dengan mandi besar, misalnya orang yang telah berhubungan suami istri, selesai nifas bagi ibu yang telah melahirkan atau orang yang mimpi basah sehingga keluar mani. Maka untuk membersihkannya harus dengan mandi besar.

 

 

 

Ada pun hadats kecil, misalnya BAB atau BAK atau buang angin maka membersihkannya cukup dengan wudhu atau tayamum jika tidak ada air. Wudlu sendiri merupakan sarana bersuci ketika akan melaksanakan shalat. Abu Hurairah r.a. berkata, telah bersabda Rasulullah Saw.,

 

 

 

Tidak sah shalatnya orang yang tidak berwudlu dan tidak sah wudlunya orang yang tidak menyebut nama Allah.” (H.R. Ahmad, Abu Daud, dan Ibnu Majah)

 

 

Orang yang mandi besar tidak perlu berwudlu lagi bila akan melaksanakan shalat. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis berikut, Siti Aisyah r.a. berkata,

 

 

Keadaan Rasulullah Saw. tidak berwudlu setelah mandi.” (H.R. Tirmidzi)

 

 

Menurut para ulama atau ahli hadits bahwa mandi yang dimaksud adalah mandi besar yakni karena junub ( selesai berhubungan suami istri). Sebab alasannya menurut ahli fikih karena didalam proses atau tata cara mandi besar ada wudhu sehingga tidak perlu wudhu lagi ketika hendak shalat selama belum batal.

 

 

Tetapi misalnya selesai mandi besar kemudian buang air atau buang angin maka ketika akan shalat Anda harus wudhu. Sebab Anda sudah bersih dari hadats besar yakni dengan mandi tersebut namun belum bersih dari hadats kecil karena buang air atau buang angin.

 

BACA JUGA: Belum Mandi Besar Setelah Haid, Bolehkah Berhubungan Intim ?

 

 

Nah ketentuan ini hanya berlaku untuk mandi besar. Adapun mandi biasa, harus tetap berwudlu ketika hendak melaksanakan shalat.  Jadi sekali lagi, kalau selesai mandi besar Anda hendak shalat atau tidak perlu wudhu lagi itu diperbolehkan. Namun kalau Anda mau wudhu lagi juga tidak dilarang dan itu lebih afdhol. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

 

Nah, terkait pembahasan bab wudhu termasuk  shalat ini lebih detail berikut dalilnya, Anda, bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul “SUDAH BENARKAH SHALATKU?“. Didalamnya ada pembahasan bab praktik shalat berikut contoh-contohnya. Wallahu’alam bishawab. [ ]

 

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

780

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman