Apakah Hukum Khatam Al Quran Itu Wajib ?

0
355

Assalamualaikum, Pak Aam. Apakah khatam Al-Qur’an itu wajib? Dan apakah ada do’a khusu untuk khatam Al-Qur’an? Mohon penjelasannya ( Silva via fb )

 

iklan

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Khatam itu artinya tamat. Jadi kita mebaca Al-Qur’an sampai tamat atau 30 juz itu disebut khatam.

 

 

Untuk dapat khatam 30 juz atau selesai membaca seluruh isi Al Quran ,tentu saja caranya bermacam-macam dan  bertahap. Ada yang khatam dalam satu bulan, ada yang khatam 2 bulan bahkan ada yang khatam selama 10 tahun.

 

 

Jadi intinya setiap orang mengkhatamkan Al Qur’an itu bermacam-macam baik waktu maupun caranya. Ada yang bisa khatam setiap hari sekali, ada yang 3 hari sekali artinya dia membaca 10 juz sehari, ada yang sebulan sekali artinya dia membaca 1 juz perhari. Namun ada yang setahun sekali bahkan lebih.

 

 

Apakah wajib untuk mengkhatamkan Al-Qur’an? Sebenarnya tidak ada keterangan wajib bagi setiap orang untuk mengkhatamkan Al-Qur’an. Yang jelas adalah adanya perintah untuk membaca Al-Qur’an. Itu aja yang paling pokok. Dalam Al Quran disebutkan,

 

وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلًا……

 

“…………Dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan (tartil)” ( QS.Al Muzammil: 4 )

 

Jadi bukan khatmanya, yang terpenting adalah mau membacanya. Boleh jadi ada yang khatam nah itu bagus. Tapi ada juga yang tidak khatam dalam beberapa minggu, bulan bahkan tahun tapi dia rajin membacanya. Itu juga bagus.

 

Jadi persoalannya bukan harus khatam, tapi kita dianjurkan untuk membaca Al-Qur’an. Didalam Hadits shahih Rasulullah Saw bersabda,

 

 

الصيام والقرآن يشفعان للعبد يوم القيامة

 

“Puasa dan Al-Quran akan memberikan syafaat pada seorang hamba dihari kiamat kelak”. (HR Ahmad dan Hakim )

 

Menurut ulama atau ahli hadits menyebutkan maknanya Al Quran akan menjadi syafaat adalah Al Quran yang dihafal. Namun ada juga ulama yang berpendapat Al Quran yang dibaca. Jadi intinya kedua-duanya ada proses atau aktivitas membaca.

 

BACA JUGA: Wanita Haid Membaca Al Quran ? Ini Hukumnya

 

Jadi dalam keterangan tersebut tidak ada penjelasan untuk mengkhatamkan Al-Qur’an, tetapi anjuran membaca Al-Qur’an. Jadi syafaatnya itu bukan bagi yang khatam aja, tapi bagi yang membacanya.

 

Bagi yang mempelajari dan mengamalkannya. Hanya logikanya kalau orang itu konsisten membaca Al-Qur’an, sehari 1 lembar atau beberapa lembar, insyaAllah dalam sebulan dia bisa mengkhatamkan Al-Qur’an. Dan memang yang paling penting itu istiqomah walaupun sedikit.

 

 

Mungkin Anda membaca 5 ayat sehari tapi istiqomah lebih bagus dari pada sebulan khatam tetapi selama 4 tahun berikutnya tidak baca lagi Al-Qur’an nya karena merasa sudah khatam.

 

 

Kata Rasulullah SAW,“lakukan semampu mu, Allah itu tidak akan bosan sebelum kamu bosan. Amal yang paling Allah suka adalah amal yang konsisten walaupun sedikit.”

 

 

Kembali yang terpenting sekali lagi saya sampaikan adalah amalan yang konsisten, rutin, istiqomah. Urusan khatam atau tidak itu tidak diwajibkan. Kembalikan kepada kadarnya masing-masing. Malah jangan sampai ada target one day one juz yang menganggu aktivitas yang lebih wajib dilakukan.

 

 

 

Misalnya ada seorang ibu rumah tangga yang mempunyai target one day one juz, sehingga setiap pagi dia membaca Al-Qur’an sampai lupa mengurus suaminya dan anak-anaknya yang bersiap untuk berangkat. Ini kan salah, walau bagaimana pun juga kedudukannya lebih wajib melayani suami ketika bersiap bekerja misalnya. Ya jadi jangan memaksakan, cukup istiqomah sesuai kemampuan. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab . [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

850

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman