Cara Islami Mendidik Anak Dalam Kandungan, Ini Yang Perlu Bunda Lakukan

Assalamu’alaykum. Pak Aam, mohonnya saat ini saya sedang hamil anak  pertama yang insya Allah usianya 5 bulanan. Bagaimana cara mendidik anak sejak kehamilan dan apa doanya? Mohon nasihatnya ( Rina via fb)

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Tentu kita semua doakan semoga kehamilan Anda berjalan lancar dan sehat serta nanti lahir menjadi anak yang shalih shalihah.

 

 

Mempunyai anak yang shalih atau shalihah tentu dambaan atau keinginan semua orangtua. Namun perlu disadari dan dipahami bahwa anak yang shalih atau shalihah itu melalui proses. Tidak begitu lahir kelak menjadi shalih. Begitu juga anak shalih bukan semata karena keturunan, dimana orangtua shalih maka otomatis anak-anaknya menjadi shalih. Tidak ada jaminan demikian.

 

 

Salah satu menjadikan anak shalih atau shalihah adalah dengan pengasuhan atau pendidikan khususnya dari kedua orangtuanya. Pendidikan ini bisa dimulai sejak anak masih dalam kandungan atau ketika ibunya hamil.

 

 

Penelitian mutakhir menunjukkan bahwa kesehatan fisik dan mental ibu sangat berpengaruh pada kualitas kesehatan janin. Islam sangat memperhatikan hal itu. Salah satunya ialah memberikan keringanan kepada ibu hamil dan menyusui untuk tidak shaum pada bulan Ramadhan dan menggantinya dengan fidyah.

 

 

Hikmah dari keringanan ini agar kesehatan fisik ibu bisa lebih terjaga dan kebutuhan nutrisi bagi ibu dan janin pun tetap terpenuhi. Selain harus menjaga kesehatan fisik, selama masa kehamilanseorang ibu harus menjaga kesehatan mentalnya agar tetap prima.

 

 

Kesehatan mental ibu hamil bisa diperoleh dengan cara banyak mendekatkan diri kepada Allah lewat amaliah-amaliah shaleh, seperti membaca Al-Quran, shalat, zikir, dan doa. Di antara doa yang bisa dibaca oleh ibu yang sedang hamil agar mentalnya stabil adalah,

 

Sesungguhnya aku berserah diri kepada Yang Mahahidup, Yang takkan pernah mati. Tiada daya dan upaya dan kekuatan kecuali dengan Allah Yang Mahatinggi dan Maha-agung.”

 

Atau dalam Alquran kita juga diajarkan doa mempunyai anak shalih,

 

 

Rabbi hab lii minash shaalihiina

“Ya Allah, anugerahkan kepadaku keturunan (anak) termasuk golongan orang-orang shalih “ (QS. Ash Shaffat:100)

 

Jadi selama kehamilan Anda bisa mendidik anak Anda yang masih dalam kandungan tersebut dengan perilaku positif Anda. Misalnya saat hendak shalat Anda bisa katakan, “Naka tau sayang kita sekarang shalat Dhuhur ya”. Atau selesai shalat Maghrib, Anda bisa katakan, “Sayang selesai shalat yuk kita baca Alquran ya”  atau saat Anda dan suami hendak ke pengajian atau majelis taklim maka ajak lah ia, dan sebagainya.

 

 

Intinya libatkan anak Anda dalam hal-hal yang postif serta hindari marah atau pun berkata yang kasar. Sebab, menurut penelitian bayi dalam kandungan pun sudah bisa mendengar. Jadi kalau Anda marah atau berkata-kata yang kasar maka anak Anda akan merekamnya dan menirunya setelah lahir.

 

 

BACA JUGA: Cara Mendidik Anak Di Meja Makan

 

 

Demikian beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan selama kehamilan dalam rangka mendidik anak yang masih dalam kandungan.  Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

 

Nah, terkait dengan cara mendidik anak dan seputar kepengasuhan, Anda dan bapak ibu serta sahabat-sahabat sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul “GOLDEN PARENTING “. Dalam buku ini ada tips mendidik anak sesuai yang diajarkan Rasul dan orang-orang shalih lainnya. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

936

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 655 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment