Suami Tidak Terbuka Masalah Gaji ? Ini Yang Harus Dilakukan Istri

Assalamu’alaykum Pak Aam, kalau suami tidak terbuka masalah gaji kepada istri, apa hukumnya dan bagaimana yang seharusnya? (Hamba Allah via email)

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Sebetulnya penghasilan suami itu berapa pembagiannya silahkan dimusyawarahkan. Tidak ada aturan suami harus cerita semuanya. Yang penting suami memenuhi kebutuhan nafkah Anda.

 

 

Jika suami tidak pernah cerita dapat penghasilan berapa tapi Anda diberi rumah, diberi nafkah sehari-hari, diberi kendaraan,  atau diberikan penghidupan yang layak maka itu berarti suami Anda melaksanakan kewajiban sebagai suami untuk menafkahi istri dan anak-anaknya.

 

 

Jadi memang menurut agama tidak ada ketentuan apakah suami harus cerita semua penghasilannya. Yang terpenting adalah suami wajib menafkahi istri dan nafkah istri itu harus sesuai dengan kadar kemampuannya.

 

 

Jadi jangan sampai, misalnya suami punya penghasilan Rp.50 juta tapi memberikan pada istrinya hanya 5 juta, itu namanya dzalim. Suami harus menafkahi istrinya dengan layak sesuai dengan penghasilannya. Dengan penghasilan Rp.50 juta tentu dia bisa memberikan rumah, mobil, bisa mencukupi kehidupan setiap harinya, bahkan bisa menabung. Jadi istri dan anak-anak sudah seharusnya hidup layak.

 

 

Prinsipnya yang paling penting bukanlah suami harus cerita semua penghasilnya, tapi yang terpenting adalah apakah suami menafkahi istri atau tidak.

 

 

Kalau suami bekerja misalnya posisinya manager atau direktur atau karyawan biasa kemudian ia tidak memberikan nafkahnya maka Anda boleh bertanya. Namun bertanyalah dengan santun dan ramah jangan seperti mengintrograsi.

 

 

BACA JUGA: Hukum Istri Mengambil Uang Suami Tanpa Izin, Boleh Atau Terlarang?

 

 

Kemudian kalau suami sudah terbuka atau jujur, tentu Anda wajib menghormatinya. Jangan dipaksa untuk mengaku dan Anda sendiri tidak percaya apa yang disampaikan suami soal penghasilannya. Anda jangan curiga dan menanyakan terus gaji suami.

 

 

Lalu bagi para suami juga hendaknya bisa terbuka soal penghasilan ini. Keterbukaan antara suami dan istri akan menimbulkan keharmonisan dalam rumah tangga. Istri juga perlu terbuka soal pembelajaan keuangan rumah tangga sehingga suami merasa dihormati. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

 

Nah, terkait bahasan membangun rumah tangga yang sakinah,mawadah dan penuh rahmah termasuk didalamnya bagaimana mengajak suami atau istri dalam kebaikan, Anda dan sahabat-sahabat sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul “MEMBINGKAI SURGA DALAM RUMAH TANGGA”. Didalamnya juga  ada tips dan trik bagaimana mengajak pasangan bersama-sama dalam ibadah, termasuk dalam ibadah shalat-shalat sunnah  . Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

749

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 1,013 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment