Merawat Kulit Tetap Cantik Bagi Ibu Hamil, Ini Tipsnya

 

 

Oleh: Dr Diah Puspitosari, SpKK*

 

 

PERCIKANIMAN.ID – – Masa kehamilan membuat kulit ibu mengalami berbagai perubahan. Kulit cenderung kering, mudah gatal, disertai timbulnya beberapa masalah yang telah dibahas di tulisan sebelumnya.

 

Untuk itulah sangat penting bagi ibu hamil agar melakukan perawatan kulit yang tepat. Berikut beberapa tips agar kulit ibu hamil tetap sehat serta terlihat segar dan cantik.

 

  1. Bersihkan kulit

 

Selalu bersihkan kulit baik wajah maupun badan dengan sabun yang sesuai. Pilih sabun dengan kandungan pelembap yang tinggi, pH balance, dan tidak mengandung unsur eksfoliasi seperti butiran scrub untuk mencegah terjadinya iritasi.

 

Membersihkan wajah dapat secara lengkap menggunakan susu pembersih, sabun, dan diakhiri dengan penggunaan toner. Lakukan sebanyak 2 kali perhari agar kulit wajah bersih maksimal.

 

  1. Gunakan pelembap

 

Selesai mandi dan mencuci wajah, gunakan pelembap wajah dan tubuh. Oleskan pelembap tubuh dalam bentuk losion atau krim, bukan hanya di lengan dan tugkai, tetapi daerah lainnya pula terutama di perut.

 

Pelembap akan mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman karena regangan kulit di perut. Apabila kulit terlalu kering, pelembap dapat dioleskan kapan saja agar kulit terasa nyaman.

 

  1. Gunakan tabir surya

 

Tabir surya perlu diaplikasikan di bagian kulit yang terbuka. Kulit ibu hamil rentan mengalami hiperpigmentasi atau flek kehitaman akibat faktor hormonal. Pajanan sinar matahari langsung dapat memperberat kondisi tersebut.

 

Oleskan tabir surya sekitar 30 menit sebelum bepergian atau beraktivitas di luar. Perhatikan kandungan SPF produk yang digunakan agar perlindungan dapat optimal. SPF 30 akan melindungi kulit sekitar 4-5 jam sehingga apabila aktivitas di luar lebih lama atau setelah berwudhu, tabir surya dapat diaplikasikan ulang.

 

  1. Lakukan perawatan kulit tambahan

 

Tidak ada salahnya memanjakan kulit dengan perawatan tambahan seperti melakukan facial atau menggunakan masker. Penggunaan lulur untuk ibu hamil dapat pula dilakukan.

 

Pilih produk dengan kandungan bahan-bahan alam yang tersedia di pasaran dengan berbagai merk. Ibu hamil dapat melakukan perawatan sendiri di rumah ataupun melakukan perawatan ini di salon, spa, atau klinik kecantikan yang terpercaya.

 

  1. Gunakan pakaian yang nyaman

 

Kenaikan berat badan menyebabkan ibu hamil lebih mudah berkeringat. Keringat berlebih berisiko menimbulkan biang keringat, gatal, iritasi, dan masalah kulit lainnya.

 

Pilih pakain yang nyaman berbahan katun atau kaos yang mudah menyerap keringat, demikian pula bagi yang berhijab, bahan hijab yang menyerap keringat akan membuat ibu hamil lebih nyaman. Pilih pula model pakaian sesuai dengan usia kehamilan agar ibu tetap terlihat cantik dan segar.

 

BACA JUGA: Perubahan Kulit Saat Hamil

 

  1. Perbaiki nutrisi

 

Perbanyak konsumsi air putih, sayuran serta buah-buahan. Kandungan air dan vitamin di dalam sayur  seperti bayam, kangkung, sawi, serta buah-buahan seperti jeruk, anggur, melon, pepaya, dan lain-lainnya akan membantu menjaga kelembapan kulit, serta mengandung pula bahan antioksidan yang akan mengurangi risiko penuaan dini yang mungkin dialami ibu hamil.

 

Kacang-kacangan seperti kedelai dan kacang hijau baik juga dikonsumsi untuk mempersiapkan nutrisi bayi. Konsumsi pula susu untuk mengurangi risiko tulang dan gigi yang mudah keropos.

 

Kehamilan adalah anugerah yang harus disyukuri. Ibu hamil tetap bisa tampil cantik dan tidak perlu khawatir akan perubahan kulitnya selama mampu menjaga dan merawatnya. Salam cantik dan sehat. [ ]

5

 

*Penulis adalah dokter spesialis kulit, nara sumber Talkshow Kesehatan Kulit Radio Cosmo  101.9 FM Bandung, serta dokter di klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA Jl. Pacuan Kuda No 46 Arcamanik Bandung.

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

964

 

Sampaikan pertanyaan seputar permasalahan kesehatan kulit Anda ke: [email protected]  .atau [email protected], dokter Poppy & tim klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA akan membahasnya dalam rubrik “ Cantik & Sehat”

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

(Visited 93 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment