Mengapa Allah Menciptakan Binatang Haram? Ini Penjelasannya

 

 

Assalamualaikum. Pak ustadz, anak saya menanyakan mengapa Allah Swt menciptakan binatang babi padahal babi itu diharamkan sehingga tidak memberi manfaat bagi manusia? Mohon penjelesannya dan terima kasih ( Nuy via fb)

 

 

 

Waalaikumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Tentu sangat jauh berbeda setiap anak dengan generasi orangtua dulu. Anak-anak zaman sekarang atau anak zaman now lebih berani dan cerdas serta kritis terhadap sesuatu. Apa yang ditanyakan anak Anda menunjukkan keinginantahuan yang besar. Untuk itu perlu penjelasan yang tepat.

 

Begini, kita sebagai muslim harus menyadari dan paham bahwa semua yang ada di alam semesta ini termasuk yang kita alami akan menjadi ujian. Senang susah, lapang sempit, sehat sakit semua menjadi ujian. Senang dan sehat kita diminta untuk beryukur dan ketika susah atau sakit kita harus bersabar, sebagaimana yang dijelaskan Allah dalam Alquran,

 

Dan sungguh kami akan mengujimu dengan ketakutan, kelaparan, kekurangan dalam hal harta, jiwa, dan buah-buahan, dan berilah kabar gembira terhadap orang-orang yang bersabar” (QS.Al Baqarah:155)

 

Hal ini termasuk juga Allah menciptakan hewan yang diharamkan bagi manusia sebagai bentuk ujian. Allah hanya mengharam babi dan hewan lainnya seperti yang dijelaskan dalam Alquran,

 

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, [daging hewan] yang di sembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas kecuali yang kamu sempat menyembelihnya, dan yang disembelih untuk berhala.” (QS.Al-Maidah :3)

 

Bukankah Allah menciptakan binatang itu banyak sekali?. Sementara yang diharam hanya  babi. Masa kita tidak bisa meninggalkan satu dari sekian juta binatang yang dihalalkan oleh Allah?. Ini ujian yang Allah berikan kepada manusia.

 

Jadi kenapa Allah menciptakan babi lalu diharamkan? Itu ujian. Bukankah di dalam surat Al-Anbiyaa ayat 35 dijelaskan, “Kami akan mengujimu dengan kebaikan dan keburukan sebagai satu ujian,”

 

Jadi segala sesuatu yang ada di hadapan dan di genggaman kita itu ujian. Contoh, harta dan anak itu bisa jadi perhiasan dan kebanggaan. Tapi di lain pihak dan di waktu yang bersamaan, harta dan anakmu bisa menjadi fitnah, bisa menjadi ujian.

 

BACA JUGA: Haramnya Babi Dalam Penjelasan Alquran dan Sains Modern

 

Sekarang makanan, di alam semesta ini banyak sekali tapi yang diharamkan kan cuma sebagian kecil saja. Bangkai, karena walau bagaimanapun bangkai itu tidak sehat. Bangkai yang darahnya panas. Kalau bangkai yang darahnya dingin, seperti ikan, masih boleh selama masih segar. Kemudian yang lainnya itu daging babi. Jadi jelas bahwa yang diharamkan Allah itu sebagai ujian termasuk hewan babi. Masih lebih banyak yang binatang yang dihalalkan daripada yang diharamkan.

 

Dalam beberapa hasil penelitian modern yang dilakukan bukan orang muslim atau para ilmuwan non muslim juga menemukan bahwa daging babi banyak mudharotnya bagi manusia dari sisi medis. Selain mengandung cacing pita yang berbahaya bagi tubuh manusia beberapa kandungan daging babi juga menunjukkan kurang bagus bagi manusia.

 

Ini menunjukkan bahwa salah satu hikmah Allah mengharamkan sesuatu kepada manusia tentu untuk kebagian manusia itu sendiri.

 

Sekali lagi semua yang diharamkan oleh Allah adalah sebagai bentuk ujian agar kita bisa beramal shalih. Hal ini disampaikanNya dalam surat Al Mulk ayat 2,

 

Dialah yang menjadikan kematian dan kehidupan, untuk menguji kalian, siapa di antara kalian yang lebih baik amalnya, dan Dia maha Perkasa lagi maha Pengampun.”

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu alam bishshawwab. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

980

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

 

 

 

 

(Visited 1,537 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment