Konsumsi Pemanis Buatan Setiap Hari, Amankah?

PERCIKANIMAN.ID – – Konsumsi gula berlebih merupakan salah satu kebiasaan yang perlu dihindari penderita diabetes mellitus maupun masyarakat pada umumnya. Pemanis buatan kemudian hadir sebagai pengganti gula pasir. Akan tetapi, amankah mengonsumsi pemanis buatan setiap hari?

 

 

“Aman,” jawab Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Penyakit Dalam RSCM FKUI dr Dante Saksono H SpPD-KEMD PhD saat ditemui usia kampanye #BeatDiabetes yang diselengarakan Tropicana Slim di Jakarta, Ahad (22/4/2018).

 

Dante mengatakan batas aman untuk mengonsumsi pemanis buatan adalah 90 saset per hari. Jumlah ini bisa dikatakan tak pernah dilewati oleh orang-orang yang mengonsumsi pemanis buatan.

 

“Kalau minum 4-5 (saset per hari) masih aman di dalam badan,” tambah Dante.

 

Selain itu, Dante menampik isu miring yang menyatakan bahwa konsumsi pemanis buatan dapat menyebabkan kanker atau merusak ginjal. Dante mengatakan pemanis buatan yang sudah mendapatkan izin edar dari BPOM aman untuk dikonsumsi.

 

Pada dasarnya, pemanis buatan dapat membantu masyarakat untuk membatasi jumlah asupan gula harian. Alasannya, pemanis buatan memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan gula pasir biasa.

 

BACA JUGA: Tips Memulai Gaya Hidup Sehat

 

Meski pemanis buatan aman, Dante tetap mengingatkan agar masyarakat tidak mengonsumsi apapun secara berlebihan. Dante mengingatkan bahwa sumber gula tak hanya berasal dari makanan atau minuman yang terasa manis saja. Makanan lain seperti nasi, roti hingga singkong juga termasuk sumber gula yang asupannya harus dibatasi.

 

“Kalau tidak konsumsi gula (pasir) tapi makan nasi banyak, ngemil roti terus-terusan, sama saja. Nanti bisa jadi gemuk, obesitas, kena gula (diabetes),” ungkap Dante. [ ]

5

Sumber: republika.co.id

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

970

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

 

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

 

 

(Visited 70 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment