Bersuci Menggunakan Tisu, Bagaimana Hukumnya?

0
197

Assalamu’alaykum. Pak Aam, bolehkah kita bersuci (membersihkan air kencing atau tinja) dengan tisu. Setelah itu, bolehkah shalat padahal hadas kita belum dicuci dengan air? Apakah sah shalatnya? ( Benny via email)

 

iklan

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Kang Benny, bapak ibu, mojang bujang dan sahabat-sahabat sekalian, salah satu syarat sah ibadah shalat adalah kita harus bersih dari hadats baik yang besar maupun yang kecil termasuk harus bersih dari najis.

 

Nah,  air kencing maupun tinja adalah benda najis maka apabila mengenai badan atau kulit kita harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum mengerjakan ibadah shalat. Menurut ahli fikih ada dua benda yang bisa membersihkan najis.

 

Pertama, air.

Air sebagai alat atau media untuk membersihkan najis ini sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits Rasul.

Rasulullah Saw. pernah masuk WC, lalu aku dan seorang lelaki seusiaku membawakan seember air dan tongkat, lalu Nabi bersuci dengan air tersebut.” (H.R. Muttafaq ‘alaih dari Anas r.a.)

 

Kedua, benda padat.

Untuk benda padat ini ada beberapa jenis atau bentuk misalnya batu, dedaunan termasuk tisu. Hal ini dapat kita baca pada keterangan berikut. Sesungguhnya, Rasulullah Saw. bersabda,

 

Apabila salah seorang di antara kamu buang air (besar/kecil), bersucilah dengan tiga buah batu dan itu sudah mencukupi” (H.R. Ahmad, Abu Daud, dan Dharaquthni dari Aisyah r.a.).

 

Hadis itu menegaskan bahwa benda padat, seperti batu bisa digunakan sebagai alat bersuci setelah kita buang air. Tentu saja saat ini orang bersuci dengan batu sudah amat jarang, kecuali mungkin masih ada di pedalaman atau perkampungan .Zaman sekarang, tentu saja tidak perlu memakai batu karena sudah ada yang lebih modern, yaitu tisu.

 

BACA JUGA: Bersuci Dan Rahasia-rahasinya

 

Nah, merujuk pada dua keterangan ini, bisa kita simpulkan bahwa bersuci menggunakan tisu kedudukan hukumnya sama dengan bersuci menggunakan air. Artinya, kalau sudah bersuci dengan tisu, kita bisa melaksanakan shalat walaupun tidak dicuci lagi dengan air. Apalagi tisu juga ada yang tisu basah sehingga menjadi lebih bersih dan higienis.

 

Jadi Anda tidak perlu khawatir jika tidak menemukan air untuk bersuci namun ada tisu. Sebab, kalau kita bepergian khususnya ke luar negeri sangat jarang kamar kecil yang menyediakan air untuk bersuci dan hanya isu. Begitu juga saat diperjalanan, di pesawat atau kereta misalanya, khususnya di luar negeri, terkadang hanya tersedia tisu. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

Nah, terkait dengan tata cara bersuci wudhu atau tayamum sebelum shalat,Anda dan mojang bujang sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul “SUDAH BENARKAH SHALATKU”. Di dalamnya ada pembahasan terkait pelaksanaan bersuci baik wudhu maupun tayamum hingga pelaksaan shalat berikut amalan-amalan apa saja yang dijelaskan secara detail dengan dalil yang shahih. Wallahu a’lam. [ ]

5

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

957

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/