Musim Haji 2018, Verifikasi dan Cetak Visa Dilakukan Kemenag

0
562

 

 

PERCIKANIMAN.ID – – Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali memastikan proses verifikasi dan cetak visa haji pada tahun ini akan dilakukan oleh Kementerian Agama. Menurutnya, Ditjen PHU dan Kedutaan Besar Arab Saudi sudah bersepakat terkait perubahan mekanisme verifikasi dan cetak visa jemaah haji.

 

“Kami sudah bersepakat dengan Kedubes Arab Saudi. Proses verifikasi dan cetak visa jemaah haji tahun ini akan dilakukan Kementerian Agama,” ujarnya di Jakarta, seperti dilansir laman kemenag.go.id, Jumat (2/3/2018).

 

“Hal ini akan memudahkan dan mempercepat jemaah dalam memperoleh visa,” sambungnya.

 

Nizar mengatakan, ada alasan khusus kenapa proses verifikasi dan cetak visa diserahkan ke Kementerian Agama. Selama ini, kata Nizar, pemerintah Saudi sering kali mengalami kesulitan dalam membaca nama latin orang Indonesia yang ditransliterasikan ke dalam Bahasa Arab.

 

“Ini yang bisa menerjemahkan teman-teman dari Kementerian Agama. Maka kita upayakan verifikasi dan cetaknya ada di Kementerian Agama,” jelasnya.

 

 

Selain soal visa, kebijakan baru tahun ini ialah pembagian kloter jemaah haji. Tahun ini, pembagian kloter akan didahulukan prosesnya dari pengundian tempat pemondokan atau hotel di Makkah dan Madinah (qur’ah). Proses ini berbeda dengan tahun lalu yang masih mendahulukan qur’ah ketimbang pembagian kloter.

 

BACA JUGA: Hukum Berangkat Haji Tanpa Mahrom

 

“Tahun ini pengkloteran dulu, baru kita lakukan Qur’ah. Ini dilakukan agar jemaah tidak terpisah-pisah,” tandasnya.

 

Calon jemaah haji Indonesia rencananya akan mulai masuk asrama haji pada 16 Juli 2018. Kloter pertama akan mulai diberangkatkan dari Tanah Air menuju Madinah pada 17 Juli 2018. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: kemenag

946