Air Kencing Anak Bayi Apakah Najis?

Assalamu’alaykum Pak Aam, apakah benar air seni bayi yang masih diberi ASI itu tidak najis, berbeda dengan air seni bayi yang sudah diberi makan selain ASI? Mohon penjelasannya. (Asri via email)

 

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Ibu Asri,mojang bujang dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Begini, memang ada keterangan bahwa cara membersihkan kotoran bayi itu saat dimana cara membersihkan air seninya lebih sederhana, tapi bukan berarti tidak najis.

 

Yang mana perlakuan membersihkannya berbeda antara bayi laki-laki dan bayi perempuan. Ini merujuk pada hadist yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud, Rasulullah bersabda,

 

Kalau air kencing bayi perempuan itu menempel, maka harus dicuci. Tapi air kencing bayi laki-laki, cukup dipercikkan saja ke tempat yang menempel air kencingnya.”

 

Keterangan diatas menjelaskan bahwa tidak ada syarat apakah bayi itu sudah diberi makanan tambahan atau tidak. Itulah dalilnya, kenapa demikian?  Itulah aturan yang ditetapkan oleh Rasul pada kita semua.

 

BACA JUGA: Cara Berdoa Setelah Shalat Berjamaah

 

Lalu, bagaimana jika air kencing atau pipis bayi tersebut mengenai pakaian kita dan kita hendak shalat? Tentu saja lebih afdhal pakaian tersebut diganti sebelum shalat atau jika menggenai badan kita maka lebih afdhal mandi untuk membersihkannya. Hal ini tentu berjaga-jaga atau kehati-hatian kita dalam melaksankan ibadah shalat khususnya pakaian yang terkena air pipis bayi. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

Nah, terkait dengan tata cara shalat, termasuk cara berwudhu khususnya dan umumnya cara berthaharah atau bersuci sebelum mengerjakan shalat, Anda dan juga mojang bujang sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul “SUDAH BENARKAH SHALATKU”. Di dalamnya ada pembahasan terkait pelaksanaan shalat berikut amalan-amalan saja yang meski dilakukan yang disertai dalil yang shahih. Juga tata cara berwudhu atau membersihkan diri sebelum mengerjakan shalat. Wallahu a’lam. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

970

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

 

(Visited 792 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment