Bolehkah Wudhu Tidak Mengenakan Pakaian?

Assalamu’alaykum. Pak Aam, benarkah jika berwudhu tidak boleh bertelanjang dada, bagaimana jika kita akan mandi besar? Mohon penjelasannya (Febri via email)

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Iya saudara Febri, mojang bujang dan sahabat-sahabat sekalian ,sebenarnya berwudhu itu boleh tanpa busana. Ketika mandi besar pun kita mengawalinya dengan berwudhu.

 

Rasul mencontohkan, mandi besar itu diawali dengan mencuci telapak tangan, mencuci kemaluan, dilanjutkan dengan berwudhu seperti persis seperti mau shalat, setelah itu baru seluruh badannya.

 

BACA JUGA: Hukum Memegang Al-Qur’an Tanpa Wudhu

 

Penjelasan ini dapat kita simak dari hadits yang diriwayatkan dari ‘Aisyah ra, isteri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mandi junub, beliau memulainya dengan mencuci kedua telapak tangannya. Kemudian beliau berwudhu sebagaimana wudhu untuk shalat. Lalu beliau memasukkan jari-jarinya ke dalam air, lalu menggosokkannya ke kulit kepalanya, kemudian menyiramkan air ke atas kepalanya dengan cidukan kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali, kemudian beliau mengalirkan air ke seluruh kulitnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Berdasar dari hadits maka dapat disimpulkan bahwa berwudhu tanpa pakaian atau tanpa busana itu boleh asalkan di dalam kamar mandi begitu pun jika sehabis mandi kita berwudhu dengan tanpa busana tentu boleh asal di dalam kamar mandi. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

Quran Terjemah Murah, Beli 5 Gratis 1

 

Nah, terkait dengan tata cara wudhu berikut shalat, baik sebelum, selama atau sesudah shalat Anda bisa membaca buku saya yang berjudul “SUDAH BENARKAH SHALATKU”. Di dalamnya ada pembahasan terkait pelaksanaan dan tata cara berwudhu dan juga shalat berikut amalan-amalan saja yang meski dilakukan yang disertai dalil yang shahih. Wallahu a’lam. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

980

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

 

(Visited 1,946 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment