PBB Ajak Stop Islamofobia

 

PERCIKANIMAN.ID – – Islamofobia, telah menjadi masalah di berbagai belahan dunia. Melihat hal itu, Komisioner Tinggi Hak Asasi Manusia (HAM) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Zeid Ra’ad Al Hussein mengajak untuk bersama-sama memerangi hal tersebut.

 

“Islamofobia jelas salah. Diskriminasi atas dasar keyakinan dan warna kulit juga salah,” kata Zeid Ra’ad Al Hussein di Jakarta, seperti dilansir republika.co.id, Rabu (7/2/2018).

 

Zeid mengatakan, diskirminasi merupakan hal yang harus dilawan. Namun, dia menegaskan, untuk memerangi diskriminasi, sebuah negara harus siap untuk mengakhiri diskriminasi di kawasannya sendiri.

 

Dia mengatakan, kekerasan atas nama agama tidak sesuai dengan dasar ajaran agama, belas kasih dan cinta. Dia mengaku sempat mengundang para pemuka agama dan tokoh masyarakat berbasis agama lainnya di Beirut. Pertemuan itu kemudian menghasilkan Faith for Right untuk menetapkan peran agama dan keyakinan dalam membela hak.

 

Dia mengatakan, deklarasi tersebut mengacu pada komitmen bersama dalam semua agama dan kepercayaan untuk menegakan martabat dan nilai yang setara untuk semua manusia. Hal itu, dia mengatakan, juga sesuai dengan pasal 1 dalam deklarasi HAM universal.

 

BACA JUGA: Indonesia Jadi Pusat Studi Islam

 

Sementara, kedatangan Zeid ke Indonesia sekaligus memperingati 70 tahun deklarasi HAM universal. Dia mengatakan, sejak tahun 1998 lalu, Indonesia telah berhasil melakukan transisi demokrasi dan memperkuatnya dengan pertumbuhan ekonomi. Indonesia, dia melanjutkan, merupakan salah satu negara paling progresif di kawasan dalam bidang HAM. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: norman

960

(Visited 58 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment