3 Hari Usai Terbakar, Dana Untuk Masjid Texas Sudah Capai Rp.6 Milyar

Masjid Texas -AP

PERCIKANIMAN.ID – – Selang beberapa jam usai Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menandatangani surat perintah eksekutif soal pembatasan masuknya imigran asal tujuh negara mayoritas Muslim (Libia, Sudan, Yaman, Somalia, Syuriah, Iraq dan Iran), sebuah masjid di Victoria, Texas, terbakar, Sabtu (28/1/2017) dini hari waktu setempat. Ribuan warga Amerika Serikat mengungkapkan simpati dan dukungan terhadap pembangunan kembali masjid tersebut.

Lewat laman crowdfunding atau pengumpulan dana massal, Gofundme, setidaknya sekitar 12.836 orang tercatat memberikan donasi untuk biaya pembangunan kembali masjid sekaligus Islamic Center di Kota Victoria tersebut. Bahkan, hingga Ahad (29/1/2017) malam, donasi yang terkumpul telah mencapai lebih dari 500 ribu dolar AS atau sekira Rp 6 miliar.

Dalam laman Gofundme for Victoria Islamic Center tersebut tertulis keterangan untuk memberikan dukungan terhadap masjid tersebut. ”Curahan cinta, kata-kata indah, pelukan, uluran tangan, dan kontribusi finansial adalah contoh dari semangat asli Amerika,” tulis keterangan tersebut seperti dikutip dari republika yang melansir Al Arabiya, Senin (30/1/2017).

Saat ini, pihak Kepolisian Texas dan Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (FBI) tengah melakukan investigasi terkait penyebab kebakaran tersebut. Salah satu masjid terbesar di Kota Victoria itu memang kerap menjadi sasaran kejahatan kebencian dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, sepekan sebelum kebakaran, masjid tersebut sempat dirampok dan menyebabkan hilangnya laptop dan sejumlah peralatan elektronik.

Berbagai pesan dukungan terhadap masjid itu pun disampaikan oleh sejumlah donatur, yang kebanyakan berasal dari Amerika Serikat. ”Kami cukup prihatin dengan apa yang menimpa masjid kalian. Kami akan berdiri bersama untuk sesama warga Amerika, yang hanya ingin hidup dan beribadah. Ini adalah janji kami kepada negara ini,” tulis Besty Brune.

Selain itu, Cody Cluff, yang menyumbang 27 dolar AS mengungkapkan,”Banyak sesama warga negara Amerika Serikat yang mencintai dan menghargai apa yang kalian lakukan sebagai seorang Muslim. Kalian adalah bagian terindah dari komunitas masyarakat, dan saya prihatin dengan kebencian yang menimpa kalian. Semoga kalian diberkahi dengan keberanian, kekuatan, dan kedamaian.”

Pihak pengurus Masjid Victoria pun mengucapkan rasa terima kasihnya atas berbagai dukungan tersebut. ”Curahan dukungan dari berbagai komunitas di Victoria dan dari seluruh wilayah di negeri ini benar-benar fenomenal. Tolong jangan politisir tragedi ini, tetap bersatu,” tulis pernyataan pengurus masjid Victoria lewat akun Facebook, seperti dikutip Anadolu Agency. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Foto; AP

 

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment