Agar Anak Khatam dan Hafal Al-Quran Sejak Dini, Berikut Tipsnya

anak baca alquran

 

 

PERCIKANIMAN.ID – -Keberhasilan yang berangkat dari pengalaman pribadi selalu menggugah dan menginspirasi. Langkah-langkah yang diterapkan para orangtua dalam melahirkan balita-balita yang mampu khatam bahkan hafal Al-Quran sangat natural, tidak ada yang dipaksakan, tapi nyata keberhasilannya. Orangtua bahwa bagaimanapun karakter buah hati kita, dia sangat mungkin kita antar menjadi sahabat Al-Qur’an dan penghafalnya.

 

Ketika orangtua menemukan kesadaran akan pentingnya pengajaran Al-Quran, berikutnya adalah menyusun langkah bagaimana agar hidup yang hanya sekali ini orangtua memperoleh tempat terbaik di sisi Allah Swt. Sumber motivasi adalah janji Allah, yang disampaikan lewat lisan Rasul-Nya, “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya”.

 

Belajar dan mengajarkan Al-Quran adalah pengatrol amal bagi seorang muslim. Terutama mengajarkan Al-Quran pada anak-anak. Mengajarkan Al-Quran pada anak tidak cukup sampai anak bisa membaca Al-Quran, tapi mengajarkan Al-Quran yang paripurna adalah bagaimana membimbingnya untuk mencintai Al-Quran, membacanya setiap hari, memiliki target prestasi dengan Al-Quran, dan senang berinteraksi dengan Al-Quran. Karena, mencintai Al-Quran itu lebih utama dari sekadar bisa membacanya.

 

Ragam motivasi dan pengalaman para orangtua bisa menjadi inspirasi dalam membuka jalan agar anak-anak bisa akrab dengan Al-Quran sejak dini. Salah satunya yang apa yang dialami dan dipraktekan Dr.Sarmini,Lc,MA ini. Berdasarkan pengalaman yang sudah dilakukan penulisnya dalam membimbing anak-anaknya untuk mau berinteraksi dengan Al-Quran setiap hari. Sehingga, bahasa yang dikemas dalam buku ini adalah gaya bercerita, yang membuat Anda seolah sedang ngobrol santai, tanpa digurui apalagi dicekoki.

BACA JUGA  Al Quran dan Sains Jelaskan Pasutri Berjodoh Memiliki Gen DNA yang Mirip

 

Pengalamannya akan membuat para orangtua mampu menghadirkan keajaiban dalam keluarga,khususnya bagaimana langkah melahirkan generasi hafiz Al-Quran dari rumah sendiri,antara lain:

 

  • Keutamaan mengajarkan Al-Quran pada anak.
  • Membuat anak keranjingan membaca Al-Quran.
  • Merancang program khatam Al-Quran untuk anak.
  • Menanamkan rasa bangga pada anak karena berinteraksi dengan Al-Quran.
  • Mengenalkan hukum tajwid dengan bahasa yang mudah diserap anak.
  • Merancang khataman Al-Quran yang tak terlupakan oleh anak.

 

Dengan kesabaran dan ketekunan serta dukungan seluruh keluarga maka insya Allah anak-anak gemar membaca sekaligus khatam Al Quran sejak dini. Kebiasaan ini jika terus dipupuk maka akan menjadi bagian dari kebutuhan hariannya sehingga membaca sekaligus menghafal Al Qur’an bukan sebuah beban baginya.

Untuk hasil yang maksimal khususnya untuk tahsinnya maka ayah bunda bisa mengundang guru tahsin ke rumah. Selain itu sekali anak-anak bisa dibawa keluar rumah dalam kegiatan tasmik atau khataman Al Qur’an sehingga lebih termotivasi. Selamat mencoba dan mari jadikan anak-anak hafal Al Qur’an dari rumah. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment