7 Fakta Aktivitas Bersin yang Menajubkan

Bersin

PERCIKANIMAN.ID – – Sebagian orang berpendapat bersin adalah tanda akan terkena penyakit flu (influenza).Namun menurut ahli kesehatan berpendapat bahwa bersin gejala normal pada setiap orang yang merupakan gerakan tidak bisa dikontrol oleh tubuh. Memang diakui penyebab yang paling umum dari bersin adalah gejala flu atau batuk. Di samping itu, lada dan debu juga bisa menyebabkan hidung kita bersin. Saat kita bersin sebaiknya biarkan saja. Jika menahannya dengan menutup hidung, hal ini malah bisa menjadi berbahaya.

Tapi, tahukah kita fakta tentang bersin? Berikut adalah fakta tentang bersin yang perlu diketahui seperti dikutip dari huffingtonpost.com,

  1. Kecepatan bersin mampu mencapai 100 mil per jam

Riset ini dilakukan oleh Jamie Hyneman dan Adam Savage. Untuk mengetahui kecepatan bersin, mereka merekam aktivitas ini dengan menggunakan kamera ultra high speed. Dalam percobaan dari duo ini, ternyata kecepatan bersin mencapati 100 mil per jam.

  1. Bersin mampu keluarkan kotoran

Jika posisi kamu dekat dengan orang yang sedang bersin, sebaiknya menghindar. Kotoran dari hidung yang dikeluarkan akibat bersin mampu mencapai jarak 150 cm. Jadi, jangan sampai kotoran tersebut menempel pada tubuh kamu.

  1. Bersin merupakan proses “reboot” bagi hidung

Seperti sebuah komputer, hidung ternyata harus mempunyai waktu untuk istirahat. Dengan bersin, maka hidung kamu bisa merasakan istirahat secara sebentar atau yang dikenal dengan reboot. Bersin mampu mengatur pergerakan cilia (rambut yang berukuran kecil) yang melapisi rongga hidung.

  1. Sinar matahari bisa menyebabkan bersin

Berdasarkan survei, satu dari empat orang mengalami bersin di bawah paparan sinar matahari. Fenomena ini dinamakan dengan photic sneeze reflex. Para ahli menyakini bahwa penyebab dari fenomena ini adalah kesalahan otak dalam menerima perintah dari pupil mata karena sinar matahari.

  1. Saat kamu bersin, mata kamu tertutup

Sadar atau tidak, kamu pasti menutup mata saat bersin. hal ini terjadi karena kendali otak yang bertanggung jawab dengan bersin sangat berdekatan dengan mata. Itulah mengapa kamu langsung reflek menutup mata saat bersin.

  1. Jantung kamu tidak berhenti saat bersin
BACA JUGA  Salurkan Bantuan Anda untuk Korban Bencana Longsor Cililin

Detak jantung kamu tidak berhenti saat kamu mengalami bersin. Akan tetapi adanya penurunan kecepatan saat kamu bersin. Hal ini disebabkan oleh pengambilan nafas yang terlalu dalam sebelum kamu bersin. Meskipun begitu, banyak orang yang tidak menyadarinya.

  1. Sebaiknya jangan menahan bersin

Saat kamu bersin sebaiknya kamu biarkan saja. Jika kamu menahannya dengan menutup hidung, hal ini bisa menjadi berbahaya. Kamu bisa mengalami cidera seperti rusaknya pembuluh darah. Yang lebih parah lagi adalah bisa menyebabkan gendang telinga pecah.

 

Adab Bersin dan Doanya

Meski demikian sebagai seorang muslim semua ada adabnya termasuk dalam hal bersin ini. Seperti yang sampaikan dalam sebuah riwayat yang disampaikan oleh Abu Hurairah Ra ,”Bahwasannya Rasulullah Shallahu Alaihi Wasallam jika bersin beliau meletakkan tangannya atau pakaiannya di atas mulutnya, dan dengannya beliau memelankan suara (bersin)” (Riwayat At Tirmidzi, beliau menyatakan,”hadits hasan shahih”)

Dari hadits di atas, Al Munawi menyimpulkan bahwa Rasulullah menahan suara bersin dengan menutup mulut dengan tangan atau baju, dalam riwayat lain menutup wajah. Rasulullah juga tidak berteriak ketika bersin sebagaimana dilakukan oleh kebanyakan manusia awam. At Taurabasyti menyatakan bahwa hal ini merupakan bagian dari adab, dimana manusia tidak suka mendengar suara bersin atau menyaksikan ingus. (lihat Faidh Al Qadir, 5/149)

Sementara doa ketika bersin dan yang  mendengarnya sebagai berikut:

Orang yang bersin mengucap: ALHAMDULILLAH (Segala Puji hanya milik Allah) daan yang mendengarnya mengucap: YAR_HAMUKALLAH (semoga Allah mengasihimu) yang kemudian dibalas kembali oleh yang bersin dengan mengucap:YAHDIKUMULLAH WA YUSHL_IHU BAALAKUM (semoga Alloh memberi hidayah padamu dan memperbaiki urusanmu).” (HR. At-Turmudzi)

 

Red: ahmad

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment