Bahaya Memangku Laptop

laptop
FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerSilakan Share

PERCIKANIMAN.ID-  Ini adalah peringatan bagi sahabat yang sering menggunakan laptop sebagai alat kerja. Mulai saat ini waspadalah bagi sahabat yang kerap memangku atau menempatkan komputer  jinjing di atas paha sebagai pengganti meja kerja. Meski praktis, ternyata kebiasaan ini harus diwaspadai karena bisa jadi sahabat terkena gangguan kulit yang timbul akibat panas yang muncul dari komputer jinjing tersebut.

Meski rasa panas yang berasal dari mesin prosesor laptop tidak menyebabkan kulit terbakar, memangkunya bisa menyebabkan penggelapan warna kulit yang permanen atau disebut juga dengan istilah toasted skin syndrome. Meski jarang, kulit yang terpapar panas dari laptop juga bisa memicu kanker kulit.

Kalau diukur,  panas dari laptop ternyata bisa mencapai 50 derajat Celsius. Oleh karena itu, kita disarankan untuk tidak memangku laptop terlalu lama. Gangguan kulit merupakan salah satu dari 10 jenis dampak negatif penggunaan laptop bagi kesehatan yang dicatat para ahli.

Pada masa lalu, toasted skin syndrome biasanya diderita oleh para pekerja yang tugasnya berdekatan dengan sumber panas, seperti pekerja di pabrik roti atau pembuat kaca.

Menurut sejumlah pakar kesehatan, kulit yang gelap itu jika dilihat di bawah mikroskop mirip dengan kerusakan kulit akibat terlalu lama terpapar sinar matahari.

Selain masalah kulit, ancaman dari kebiasaan memangku laptop juga berupa kemandulan bagi kaum Adam. Laporan medis beberapa tahun lalu menunjukkan, kasus seorang pria dengan temperatur di bagian skrotum meningkat gara-gara terlalu sering memangku laptop. Dalam jangka panjang, hal ini akan menyebabkan produksi sel sperma berkurang sehingga menjadi tidak subur.  (berbagaisumber)

program marbot

Leave a Comment