Massa Aksi di Sidang Ahok, Beda Antara GNPF MUI dan Pro Ahok

sidang-ahok-massa gnpf mui dzkir

PERCIKANIMAN.ID – – Persidangan kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kembali digelar, Selasa (3/1/2017). Sidang lanjutan di awal 2017 kali ini digelar  di Auditorium Gedung Kementerian Pertanian (Kementan) Jalan RM Harsono, Jakarta Selatan.

Seperti pada sidang sebelumnya baik massa kontra (GNPF MUI) dan kubu pro Ahok memenuhi persidangan bahkan meluber hingga ke jalan. Kedua massa yang saling berlawanan dengan jumlah ratusan ini melakukan aksinya. Namun ada yang berbeda dalam mengekspresikannya. Seperti dari berbagai sumber berikut catatannya.

  • Massa GNPF MUI lakukan dzikir dan shalat berjamaah

Di tengah ketegangan, salah seorang massa yang mengenakan gamis berwarna coklat muda terlihat usai menunaikan ibadah salat dan berdzikir. Ia menunaikan salat di pembatas jalan tepat di depan pintu gerbang utama Gedung Kementerian Pertanian.Namun ketika ditanyai, pria tersebut enggan berkomentar apa pun.

“Maaf jangan, jangan,” ujar ‎pria bergamis itu, seperti dikutip dari sindonews.com Selasa (3/1/2016).

Sementara itu menjelang adzan Dhuhur , massa GNPF-MUI meneriakan agar Ahok ditangkap dan dipenjarakan. Massa pun sempat salat Dhuhur berjamaah di jalanan dan bersolawat meski kubu Ahok memutar musik secara keras. Massa penjarakan Ahok tetap khusuk melaksanakan ibadahnya itu.

“Siap bela Islam? Siap penjarakan penista agama? Mari kita berdoa agar si penista agama diberikan hukuman atas perbuatannya,” kata orator di mobil Komando GNPF-MUI seperti dikutip dari okezone.com

  • Massa pro Ahok berjoget dan putar musik keras-keras

Seperti dikutip dari antaranews, ratusan orang pro Ahok yang berpakaian kotak-kotak berjoget ria diiring musik dan lagu Gemu Fa Mi Reme melalui pengeras suara yang biasa digunakan menyampaikan aspirasinya dengan cara berorasi.

BACA JUGA  Ada 46 Saksi, Sidang Ahok Diperkirakan Selesai Mei 2017

Selain berjoget ria, melalui salah seorang orator yang berdiri di atas mobil komando itu terus membakar semangat massa dengan orasinya. “Ayo lakukan dengan bergembira,” katanya.

AKSI UNJUK RASA SIDANG AHOK
Sebagian massa pro Ahok berjoget ria dengan alunan musik keras

 

Sementara dari kubu kontra Ahok, massa yang mengenakan pakaian serba putih terus berorasi tidak peduli dengan aksi jogetnya para perempuan pendukung Ahok yang berada tepat disebelahnya. Mereka tetap meminta agar Ahok segera dipenjara.

Aksi massa yang berada di depan Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan sungguh kontras. Massa GNPF-MUI yang sedang melakukan salat berjamaah di lokasi diganggu dengan suara musik keras dari mobil komando diiringi jogetan dari para pendukung Ahok

Seperti dilaporkan okezone.com di lokasi, Selasa (3/1/2017), kedua massa masih berada di depan Gedung Kementan untuk mengawal jalannya persidangan dugaan kasus penistaan agama dengan terdakwa Ahok. Namun, tampak ada hal yang saling berlawanan diantara kedua massa, yakni kegiatan mereka.

Massa pendukung Ahok misalnya, mereka tampak meneriakan agar Ahok dibebaskan karena tak bersalah. Disamping orasinya itu, massa pendukung Ahok pun tampak berjoget-joget lantaran di atas mobil komando memutarkan musik-musik dengan nada yang begitu keras. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Foto: antaranews dan okezone

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment