Hikmah Shalat Dapat Melatih Kedisiplinan, 4 Hal Ini Yang Kita Raih

0
802
ilustrasi foto: freepik

PERCIKANIMAN.ID – – Shalat bagi seorang muslim merupakan salah satu sarana yang paling utama dalam hubungan antara manusia (hamba) dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala (sang Khaliq). Shalat juga merupakan sarana komunikasi bagi jiwa manusia dengan Allah ta’ala.

 

Shalat juga mempunyai kedudukan yang sangat penting dan mendasar dalam Islam, yang tidak bisa disejajarkan dengan ibadah-ibadah yang lain.Dalam sebuah hadits Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda:

إنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ، فَإنْ صَلُحَتْ، فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ، وَإنْ فَسَدَتْ، فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ، فَإِنِ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيْضَتِهِ شَيْءٌ، قَالَ الرَّبُ – عَزَّ وَجَلَّ – : اُنْظُرُوْا هَلْ لِعَبْدِيْ مِنْ تَطَوُّعٍ، فَيُكَمَّلُ مِنْهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيْضَةِ ؟ ثُمَّ تَكُوْنُ سَائِرُ أعْمَالِهِ عَلَى هَذَا.

(رَوَاهُ التِّرمِذِيُّ)

Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman: ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah.’ Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya.” (HR. Tirmidzi)

 

Selain menyehatkan, shalat juga sarat akan manfaat. Salah satunya adalah kedisiplinan. Ketaatan atau disiplin dimulai dari niat, berwudlu, dari awal shalat, takbir hingga salam. Dapat dikatakan, shalat mengandung makna pendidikan kedisiplinan mental dan spiritual. Seorang muslim yang senantiasa mampu menjaga shalatnya, akan melekat dalam dirinya nilai-nilai disiplin. Berikut penjabarannya:

 

  1. Disiplin Dalam Kebersihan (berwudlu)

 

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Itu cerminan Islam agama yang mencintai kebersihan. Ini tercermin dari ritual berwudhu. Sebuah persiapan buat badan kita sebelum shalat. Seperti yang diterangkan Allah ta’ala.,

 

(6) ……يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak shalat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki….” (Q.S. Al-Ma’idah [5]: 6).

 

Sebelum menghadap-NYA, badan kita dibersihkan terlebih dahulu dengan berwudlu. Wudlu adalah hal yang pertama dan utama sebelum melaksanakan shalat. Tingkat kesempurnaan berwudhu akan mempengaruhi tingkat kesempurnaan ibadah shalat kita. Maka agar kesempurnaan dalam berwudhu dapat kita capai, maka kita harus menumbuhkan tentang hakikat wudlu yang diakhiri dengan doa setelah wudlu sebagai ketawaqalan kita kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

 

Dapat dibayangkan jika konsep kebersihan ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kesan muslim jorok dan tidak menjaga kebersihan dapat dibuang jauh-jauh.

 

  1. Disiplin Dalam Waktu

 

Shalat juga mengajarkan kepada kita untuk menghargai waktu. Ini karena shalat tepat waktu melainkan terhindar dari hal-hal yang bisa mendatangkan kebencian Allah Subhanahu wa ta’ala. seperti menunda-nunda waktu dengan sengaja karena lebih mementingkan atau menganggap lebih utamanya melakukan aktivitas keduniawian, padahal masih memungkinkan untuk ditunda. Perbuatan ini termasuk telah melalaikan shalat, jelas hal ini adalah perbuatan dosa. Sebagaimana yang diterangkan dalam (Q.S. Al-A’raf [7]: 205),

(205) وَلَا تَكُنْ مِنَ الْغَافِلِينَ…….

“…..dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai”,

 

dan ayat selanjutnya, yang menerangkan jangan ada keraguan untuk mensucikankan-Nya dan bersujud kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

 

Jika disiplin waktu ini kita terapkan, maka kita membuang jauh-jauh budaya telat masuk kantor, terlambat ikut meeting, berleha-leha dengan waktu saat ujian sekolah datang, dan sebagainya.

 

  1. Disiplin Dalam Mengerjakan Aturan Shalat

 

Hidup penuh dengan aturan. Baik aturan negara, lingkungan, sekolah, bahkan rumah. Shalat mengajarkan kita untuk menaati aturan yang telah ditetapkan.  Ketaatan kepada aturan Allah Subhanahu wa ta’ala. juga dapat ditunjukkan saat sebelum shalat dimulai.

Menjaga aturan shaf bukan saja tanggung jawab Imam, melainkan makmum pun memiliki tanggungjawab besar dalam meluruskan dan merapatkan barisan. Di sinilah kedisplinan atau ketaatan seseorang diuji dalam persiapan shalat berjama’ah.

Dalam buku Sudah Benarkah Shalatku? Panduan Gerakan dan Bacaan Shalat,karya Ustadz. Aam Amiruddin, menerangkan bahwa meluruskan dan merapatkan barisan tidak hanya tanggungjawab imam, tetapi masing-masing makmum harus sadar untuk meluruskan dan merapatkan shaf ketika shalat berjamaah hendak dimulai. Nabi Shalallahu alaihi wasallam. bersabda,

 

Luruskan shaf (barisan) kalian, karena lurusnya shaf bagian dari kesempurnaan shalat” (H.R. Muslim).

 

Banyak aturan shalat lain yang harus dipenuh, di antaranya rakaat dalam setiap shalat, waktu setiap shalat yang berbeda, aturan lafaz shalat, takbir, ruku, sujud, dan lain-lain, penuh dengan aturan. Intinya, orangtua yang terbiasa shalat seharusnya lebih bisa menaati aturan yang berlaku buat dirinya.

 

  1. Kepemimpinan dan Sportivitas

 

Islam sangat sportif. Syarat menjadi imam bukan dilandaskan pada senioritas, tapi kemampuannya melafalkan bacaan dan wawasan yang dimiliki. Kulit hitam bisa menjadi imam bagi kulit putih. Orang Asia bisa menjadi imam bagi orang Eropa. Melewati batas suku dan ras. Menurut Ustadz. Aam Amiruddin, dalam menentukan Imam, angkat atau tunjuk seseorang untuk menjadi imam shalat. Pilihlah imam yang bisa menentramkan makmum. Imam yang baik bacaannya dan luas pengetahuan agamanya, tentu akan lebih menenangkan makmum daripada imam yang bacaannya belepotan dan kurang wawasan agamanya.

 

Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam. bersabda, “Sebaiknya yang mengimami suatu kaum adalah orang yang paling hafal dan paham terhadap Al-Qur’an. Jika kemampuan itu sama, yang paling tahu tentang sunah, tetapi jika kemampuan itu sama, yang paling dulu hijrah, dan jika sama, yang paling dulu Islamnya (H.R Muslim dari Abu Mas’ud al-Anshary r.a).

 

Selanjutnya, Ustadz. Aam Amiruddin menerangkan dalam Sudah Benarkah Shalatku? Panduan Gerakan dan Bacaan Shalat, akan tetapi, jika pada kenyataannya tidak terdapat imam seideal sebagaimana yang dijelaskan dalam hadist di atas, penentuan disesuaikan dengan situasi dan kondisi saja. Apabila tidak ada orang dewasa yang hendak mengimami shalat boleh mengangkat imam dari kalangan anak-anak dengan syarat dia memiliki kemampuan bacaan Al-Qur’an yang bagus dan banyak hafalannya.

 

Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam. bersabda, “Apabila hadir waktu shalat, hendaklah salah seorang di antara kamu azan dan angkatlah imam yang paling hafal Al-Qur’an. ‘Seorang sahabat berkata, ‘Maka mereka tidak ada seorang pun yang paling hafal Al-Qur’an daripada aku, maka mereka menyuruhku menjadi imam padahal aku anak berusia enam atau tujuh tahun” (H.R. Bukhari dan Ahmad)

Demikian sisi lain manfaat dan hikmah dari aktivitas shalat yang mempunyai dampak positif dari sisi spiritual dan juga sosialnya. Untuk itu sudah semestinya setiap muslim yang berkualitas dalam shalatnya berdampak baik bagi hidup dan kehidupannya. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

Sumber buku:

5

Red: admin

editor: iman

930