Cara Mengganti Rakaat Yang Lupa Saat Shalat, Ini Yang Harus Dilakukan

0
1529
Seorang muslim sedang shalat ( ilustrasi foto: freepik)

PERCIKANIMAN.ID – –  Khusyuk adalah ruh suatu ibadah, terutama shalat. Karenanya shalat yang dilakukan tanpa kekhusyukan laksana raga tanpa nyawa. tiada berguna, bahkan sia-sia. Selain itu khusyuk dalam shalat merupakan salah satu ciri orang beriman yang beruntung yang kelak akan mewarisi surga Firdaus.

Hal ini dapat kita simak firman Allah Ta’ala dalam Al Quran:

 

(1) قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ

(2) الَّذِينَ هُمْ فِي صَلَاتِهِمْ خَاشِعُونَ

Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya, “ (QS.Al-Mu’minun: 1- 2)

Ulama kontemporer Syekh Wahbah bin Musthafa az-Zuhaili dalam at-Tafsir al-Munir saat menafsirkan surah al-Mukminun ayat 2, “alldzina hum fi shalatihim khasyi’un”, menyatakan:

وهو الخضوع والتذلل لله والخوف من الله تعالى ومحله القلب فإذا خشع خشعت الجوارح كلها لخشوعه إذ هو ملكها

Artinya, “Khusyuk adalah kepasrahan, kerendahan, rasa takut kepada Allah. Tempatnya di hati. Karenanya, orang yang hatinya khusyuk, tentu semua anggota badannya turut khusyuk. Sebab hatilah yang menguasai seluruh anggota badan.”  Wahbah bin Musthafa az-Zuhaili, at-Tafsir al-Munir, juz XVIII, halaman 14).

Untuk itu seorang muslim harus senantiasa menghadirkan kekhusyukan dalam shalatnya sehingga ia memahami apa yang sedang dibaca juga rakaat yang tengah dikerjakan.

 

Lalu, bagaimana jika ia ragu atau lupa dalam rakaat ? Bagaimana cara mengganti rakaat shalat yang lupa tersebut? Apakah harus mengulang dari awal rakaat atau cukup menambah yang terlupa? Apakah menambahnya setelah salam atau sebelum salam ?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

901

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 0813.2332.3395 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .