Membuka Tabir Ilmu Ghaib, Ini Yang Harus Dipahami

0
1231
Ada alam gaib dan ada peristiwa gaib ( ilustrasi foto: freepik)

PERCIKANIMAN.ID – – Setiap umat Islam memiliki kewajiban untuk beriman kepada Allah Ta’ala. Tidak hanya itu, beberapa rukun iman yang lainnya juga mewajibkan manusia untuk beriman kepada sesuatu yang ghaib atau yang tak nampak mata, seperti malaikat atau pun takdir termasuk dengan jin dan dunianya. Inilah yang membedakan antara umat muslim dengan orang-orang atheis, yang hanya mempercayai hal-hal yang memuaskan logika mereka.

 

Hal-hal yang ghaib itu misalnya tentang hari Kiamat, ruh, alam kubur, pahala dan dosa serta juga tentang kehidupan makhluk ghaib lainnya ( Malaikat, Jin ) hingga surga dan neraka. Dalam Al Quran sangat jelas, dimana Allah Ta’ala berfirman,

 

(2). ذَٰلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ

(3). الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

“Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa, (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka.” (QS. Al Baqarah: 2-3)

 

Ternyata, dengan beriman kepada hal-hal yang gaib atau alam gaib, umat muslim bisa mengambil hikmah dan manfaat tertentu. Salah satunya, kita menjadi tidak mudah berputus asa terhadap kehidupan di dunia, karena kita beriman bahwa akan ada perhitungan yang adil di kehidupan setelah mati yang termasuk alam gaib.

 

Lalu apa yang disebut dengan ilmu ghaib itu? Apakah ilmu ghaib dapat dan boleh dipelajari seorang muslim? Apakah setiap yang tidak terlihat disebut dengan alam ghaib? Siapa saja yang dapat melihat alam ghaib tersebut ?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

901

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .