Mana Yang Didahulukan, Aqiqah Dulu atau Qurban ? Begini Penjelasannya

0
863
Keutamaan ibadah aqiqah dan Qurban ( ilustrasi foto: freepik )

PERCIKANIMAN.ID – – Setiap ibadah yang disyariatkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, tentu memiliki manfaat dan hikmah yang besar bagi umat manusia khususnya bagi kaum muslimin, termasuk ibadah aqiqah dan ibadah qurban.

 

Aqiqah adalah menyembelih hewan domba atau kambing saat kelahiran anak. Sebagai bagian dari fikih ibadah, aqiqah mengandung banyak hikmah. Menurut Syekh Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam, aqiqah memiliki beberapa hikmah. Pertama, menghidupkan sunah Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam dalam meneladani Nabi Ibrahim Alaihissallam , tatkala Allah Ta’ala menebus putra Nabi Ibrahim yang tercinta Ismail Alaihissallam.

 

Kedua, dalam aqiqah mengandung unsur perlindungan dari setan yang dapat mengganggu anak yang terlahir itu, dan ini sesuai dengan makna hadis, yang artinya, “Setiap anak itu tergadai dengan aqiqahnya.” Sehingga, anak yang telah ditunaikan aqiqahnya insya Allah lebih terlindung dari gangguan setan yang sering mengganggu anak-anak. Hal inilah yang dimaksud oleh Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah “bahwa lepasnya dia dari setan tergadai oleh aqiqahnya”.

 

Ketiga, aqiqah merupakan tebusan bagi anak untuk memberikan syafaat bagi kedua orang tuanya kelak pada hari akhir, sebagaimana Imam Ahmad mengatakan, “Dia tergadai dari memberikan syafaat bagi kedua orang tuanya (dengan aqiqahnya).”

 

Demikian juga dengan ibadah Qurban. Qurban (dalam bahasa Arab الأضحية,التضحية) secara harfiah memiliki arti hewan sembelihan. Ibadah qurban (kurban) adalah ibadah menyembelih hewan ternak (domba, sapi, unta ) yang merupakan salah satu bagian dari syiar Islam yang disyariatkan dalam Al Quran. pelaksanaan ibadah Qurban juga hanya terjadi pada hari tertentu. Ibadah qurban dalam islam dilaksanakan sesuai pada waktu yang sudah ditentukan seperti pada Hari Raya Idul Adha dan Hari Tarsyrik (11,12, dan 13 Dzulhijjah) dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

 

Allah Ta’ala telah mensyariatkan qurban dengan firman-Nya, “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membencimu dialah yang terputus.” (QS. Al-Kautsar: 1 — 3).

 

Lalu apa saja keutamaan ibadah Qurban? Menurut jumhur ulama ibadah Qurban mempunyai beberapa keutamaan antara lain. Pertama amalan yang paling dicintai Allah di hari raya Idul Adha. Hal ini sesuai hadits dari Aisyah ra, Nabi shalallahu alaihi wasallam bersabda,

 

Tidak ada suatu amalan pun yang dilakukan oleh manusia pada hari raya qurban yang lebih dicintai Allah Ta’ala dari menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan Kurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) qurban itu.” (HR Tirmidzi).

 

Kedua hewan Qurban sebagai saksi di Hari Kiamat kelak.  Rasulullah shalallahu alaihi wasallam telah bersabda dalam sambungan hadis yang diriwayatkan Aisyah: “Sesungguhnya hewan qurban itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan qurban telah terletak di suatu tempat di sisi Allah sebelum mengalir di tanah. Karena itu, bahagiakan dirimu dengannya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim)

 

Menurut Tirmidzi hadis tersebut hasan, sedangkan Hakim berpendapat bahwa isnadnya shahih. Sebagian ulama mengatakan isnadnya lemah. Namun karena hadis tersebut mengandung ajaran tentang keutamaan qurban, hadis tersebut tidak tercela.

 

Lalu jika belum aqiqah, mana yang harus didahulukan, aqiqah dulu atau qurban ? Bolehkah aqiqah oleh kakeknya ? Bolehkah aqiqah di hari ke-7 atau hari ke-21? Jika belum aqiqah, apakah qurban nya sah ?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

921

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .