Apakah Niat Shalat Harus Diucapkan atau Cukup Dalam Hati ? Ini Penjelasannya

0
592
Seorang muslim sedang takbiratul ikram untuk shalat ( ilustrasi foto: freepik)

PERCIKANIMAN.ID – – Niat adalah hal utama dalam melakukan aktivitas. Demikian juga dalam ibadah kepada Allah Ta’ala maka niat menduduki peringakat pertama sebelum melakukan aktivitas dalam ibadah.

 

Pada hakikatnya niat adalah kebulatan hati untuk melakukan ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala dengan penuh keikhlasan hanya mengharap ridho-Nya.

 

Demikian pulan dalam hal ibadah shalat, maka niat menjadi pembeda seseoarang sedang melakukan shalat apa termasuk yang wajib atau sunnah.

 

Para ulama sepakat, niat dalam shalat hukumnya wajib. Hal ini antara lain berdasarkan firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala misalnya dalam surah Al-Bayyinah ayat 5,

 

(5)………وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ

Mereka tidak diperintah kecuali beribadah kepada Allah dalam keadaan ikhlas dan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat  …………..” ( QS.Al Bayyinah: 5).

 

Selain itu, hadis Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam yang mengatakan, bahwa syarat atau kesempurnaan amal tergantung pada niatnya.

 

 

Sesungguhnya amal perbuatan tergantung kepada niatnya, dan bagi seseorang tergantung apa yang ia niatkan……..” (HR. Bukhari dan Muslim

 

Lalu, apakah niat shalat itu harus diucapkan atau cukup dalam hati saja? Bagaimana jika shalat yang dilakukan secara berjamaah, apakah niat makmum cukup diwakili niat imam? Bolehkah niat diucapkan dari rumah, misalnya saat hendak shalat berjamaah di masji?.

 

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

938

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 087722319792 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .