Bagaimana Kewajiban Berpuasa Bagi Orang Yang Sudah Lanjut Usia? 

0
987
Bagi yang sudah tua boleh tidak berpuasa ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Segala puji syukur hanya milik Allah Ta’ala dimana salah satu karunia dan nikmat yang kita rasakan hingga saat ini adalah kita dipertemukan kembali dengan bulan yang mulia yakni Ramadhan.

 

 

Inilah bulan dimana amal sunnah akan bernilai dan berpahala wajin serta amalan wajib akan Allah lipatgandakan pahalanya hingga hingga 700 kali bahkan tak terhingga, hanya Allah Yang Maha Tahu.

 

 

Dalam perhitungan kalender Hijriyah, Ramadhan jatuh pada bulan ke-9. Dimana didalamnya ada perintah ibadah puasa yang wajib dijalankan umat Islam. Ini juga merupakan kewajiban menjalankan salah satu dari lima rukun Islam.Kewajiban ini ditegaskan Allah Ta’ala melalui surah Al Baqarah ayat 183.

 

(183). يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

 

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” ( QS.Al Baqarah [2]: 183)

 

 

Namun Allah Ta’ala melanjutkan perintah-Nya dengan lanjutan dari surah Al Baqarah ayat 184. Dimana ada golongan umat Islam yang bisa atau diperbollehkan meninggalkan kewajiban puasa pada bulan Ramadhan tersebut, karena keadaan tertentu, namun tetap wajib menggantinya dengan fidyah atau puasa pada hari yang lain.

 

أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ ۚ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ ۚ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ ۖ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

 

“(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” ( QS.Al Baqarah [2]: 184)

 

Menurut ulama tafsir hal ini tentu sebuah hadiah dari Allah Yang Maha Adil dimana ada rukhsah atau keringanan bagi yang tidak sanggup berpuasa di bulan Ramadhan. Namun tentu keringanan tersebut hanya berlaku bagi mereka yang termasuk golongan yang mendapat rukhsah sesuai dengan syariat.

 

Lalu apakah kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan juga masih berlaku bagi orang yang sudah lanjut usia? Usia berapa orang disebut lanjut usia itu ? Jika tidak sanggup puasa, mana yang lebih baik bayar fidyah atau qadha? Kalau bayar fidyah berapa besarannya?

 

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

 

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

906

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .