Dampak Buruk bila Anak Tidur di Atas Jam 11 Malam, Waspadai Ini Ayah Bunda

0
516

PERCIKANIMAN.ID – – Tidur terlampau malam di atas pukul 11.00 malam tidak baik bagi kesehatan, begitu juga untuk Si Kecil Bunda. Oleh karena itu, Bunda perlu tahu kapan anak harus tidur dan bahaya yang bisa terjadi jika waktu tidur anak terlalu larut Bunda.

 

 

Melansir dari laman Parents.com, anak-anak harus memiliki tidur yang cukup setiap malam. Tetapi aktivitas Si Kecil seharian yang berlebihan dapat membuat waktu tidur mereka mundur sehingga terlelap di atas jam 11 malam. Apakah ini dapat mempengaruhi kesehatan anak Bunda dalam jangka panjang? Yuk simak penjelasannya Bunda.

 

 

Sebenarnya tidak sedikit anak yang masih terjaga di atas jam 11 malam. Hal ini karena anak-anak masih antusias bermain. Selain itu anak tidak memiliki rutinitas tidur di jam yang sama sedari dini Bunda. Kalau sudah begini, menidurkan anak sesuai jadwalnya menjadi tugas yang berat bagi orang tua.

 

 

“Di sebagian besar keluarga, orang tua tidak akan memiliki energi untuk menangani anak berusia 3 tahun pada pukul 10 malam ke atas. Orang tua butuh waktu untuk diri mereka sendiri,” kata Judith Owens, MD, direktur Klinik Gangguan Tidur Anak di Rumah Sakit Anak Hasbro, di Providence, US, dikutip dari laman Parents.com, Senin (14/3/2022).

 

 

“Durasi dan keteraturan siklus tidur dan bangun adalah faktor terpenting agar anak memiliki kualitas tidur yang nyenyak,” tambah dokter Owens.

 

Pentingnya Tidur Untuk Kesehatan Anak

 

Melansir dari laman Raising Children, tidur berfungsi memulihkan tubuh anak secara fisik. Tidur yang cukup akan membantu mereka belajar dan mengingat banyak hal, serta meningkatkan kekebalan. Tidur juga membantu anak-anak tumbuh. Hal ini karena tubuh anak memproduksi hormon pertumbuhan saat mereka tidur.

 

 

Hormon pertumbuhan ini biasanya akan keluar mencapai puncaknya di jam 11 malam. Disarankan, Si Kecil sudah tertidur pulas di jam ini, sehingga pertumbuhannya akan maksimal Bunda. Untuk itu Bunda bisa mengajak anak tidur sebelum pukul 11 malam ya Bunda.

 

Waktu Tidur Anak Untuk Setiap Usia

Anak-anak dari segala usia perlu mendapatkan tidur yang cukup agar mereka dapat bermain, belajar, dan berkonsentrasi di siang hari.

 

Bayi dan anak-anak lebih besar membutuhkan jumlah tidur yang berbeda. Begitu juga dengan pola tidur berubah seiring bertambahnya usia bayi dan anak-anak.

 

Saat bayi baru lahir seharian mereka tidur, setelah semakin bertumbuh Si Kecil mulai kurang tidur di siang hari dan lebih banyak di malam hari. Sementara pada anak-anak yang lebih besar umumnya membutuhkan lebih sedikit tidur seiring bertambahnya usia. Jadi, cari tahu kebutuhan dan pola tidur yang sesuai dengan Si Kecil ya Bunda.

 

Dampak buruk bila anak tidur terlalu larut

 

Begitu anak-anak mulai bangun lebih awal untuk melakukan aktivitas dan kegiatannya, waktu tidur yang terlambat dapat menyebabkan anak kurang tidur. Sama dengan orang dewasa, anak juga tidak dapat beraktivitas dengan baik saat mereka lelah karena kurang tidur, akibatnya Si Kecil bisa menjadi rewel dan tidak konsentrasi.

 

“Kurang tidur dapat memiliki konsekuensi yang sangat merusak pada suasana hati dan kinerja anak. Ini juga dapat membebani tubuh, menyebabkan stres yang menghambat pertumbuhan fisik,” kata dokter Owens. [ ]

 

5

 

Red: admin

Editor: iman

934