Anak Sulit Disuruh Shalat, Berdosakah Orangtua Yang Mendidiknya ?

0
651
Salah satu kewajiban orangtua adalah mendidik dan mengajari anak shalat ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Menjadi orangtua merupakan pekerjaan mulia. Mengasihi dan mencintai sang buah hati bahkan dimulai dari sebelum berjumpa, yaitu di dalam kandungan. Sehingga tidak heran anak wajib berbakti kepada kedua orangtua mereka, atas kasih sayang yang diberikan semenjak kecil.

 

Namun ternyata orangtua juga memiliki beberapa kewajiban terhadap anak menurut pandangan Islam. Mulai dari baru lahir sampai membesarkannya hingga dewasa, orangtua wajib melakukan kewajiban-kewajibannya.

 

Salah kewajiban orangtua adalah mengajarkan shalat dan Al- Qur’an kepada putra-putrinya dengan baik dan benar.Mengajarkan shalat kepada anak menjadi kewajiban orangtua, agar si kecil selamat bukan hanya di dunia juga di akhirat kelak.

 

Dalam sebuah hdits dari Amr Bin Syu’aib dari ayahnya dari kakeknya berkata: “Rasulullah SAW bersabda: “Perintahkan anak-anakmu melaksanakan sholat sedang mereka berusia tujuh tahun dan pukullah mereka karena tinggal sholat sedang mereka berusia 10 tahun dan pisahkan antara mereka di tempat tidurnya.” (HR.At-Tirmidzi)

 

 

Lalu bagaimana upaya atau tips agar anak mau shalat? Jika anak sulit disuruh shalat, apakah berdosa orang tua yang mendidiknya? Bagaimana bentuk pertanggungjawaban orangtua kelak diakhirat?

 

 

Untuk mendapat penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

896

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .