Doa Agar Diberi Husnul Khotimah, Ini Amalan Yang Harus Kita Siapkan

0
1294
Setiap orang ingin meninggal dalam keadaan baik (husnul khatimah) ( ilustrasi foto: tribunnews)

PERCIKANIMAN.ID – – Akhir-akhir ini hampir setiap hari kita dikabari atau membaca informasi tentang kematian, entah rekan,tetangga, teman sekolah, rekan kerja, guru, ustadz bahkan saudara dekat kita. Hal ini seolah-olah kematian adalah hal yang mendadak. Sebulan, seminggu, bahkan sehari lalu ia masih bersama kita. Namun hari ini ia sudah tiada dan pergi utk selamanya.

 

Dia (manusia) akan mengalami kebinasaan pada waktu yang telah ditetapkan oleh AllahSWT  dan itu menjadi rahasia besar Illahi. Sama halnya dengan manusia yang akan mengalami kematian dan meninggalkan dunia yang fana ini. Dalam Al Quran ditegaskan,

 

(27). كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ ٱلْمَوْتِ ۖ ثُمَّ إِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami (Allah) kamu sekalian akan dikembalikan” ( QS. Al-‘Ankabut: 57)

 

Oleh karena itu, kita sebagai salah satu makhluk ciptaan Allah SWT yang paling tinggi derajatnya diwajibkan untuk selalu bersiap-siap untuk menyongsong hari berpisahnya dengan alam dunia ini. Karena semua manusia di bumi ini tidak ada yang tahu persis kapan dan dimana kita akan mengalami perpisahan dengan alam dunia ini. Dalam Al Quran kembali Allah SWT tegaskan,

 

Maka jika datang waktu kematian mereka, tidak bisa mereka tunda dan dan mendahulukannya sedetikpun”. (QS. An-Nahl [16]: 61).

Secara syariat akhir hidup atau kematian itu ada ada 2 yakni  suul khotimah yaitu meninggal dalam keadaan buruk atau seseorang yang awalnya baik, tetapi di akhir kehidupannya ia melakukan keburukan dan kemaksiatan hingga maut menjemputnya. Misalnya ia meninggal dalam keadaan berzina, ia meninggal dalam keadaan berjudi, ia meninggal dalam keadaan mabuk miras, ia meninggal saat durhaka kepada orangtua dan sebagainya.

 

Kemudian ada yang husnul khotimah artinya seseorang meninggal dalam keadaan baika atau sebuah akhir dengan amal yang baik hingga ajal menjemputnya. Misal saat ajal menjemput ia sedang shalat, berhaji, sedekah, baca Al Quran dan keadaan baik dan mulia lainnya. Untuk itu kita selalu dianjurkan senantiasa berdoa agar meninggal dalam keadaan husnul khotimah .

 

Lalu apakah kematian husnul khatimah dapat diusahakan? Bagaimana cara mempersiapkan kematian yang husnul khatimah? Amalan seperti apa yang membuat seseorang bisa husunul khatimah? Apa doa agar husnul khatimah?

 

Untuk mendapat penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

904

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .